Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penerimaan CPNS 2017 Resmi Dibuka : 19.210 Formasi


Pemerinah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi merilis resmi penerimaan CPNS Tahun 2017. Instansi yang membuka pendaftaraan adalah Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung untuk mengisi jabatan terkait penegakan hukum.

Jabatan ini menjadi prioritas mengingat adanya peningkatan beban kerja di kedua instansi tersebut dan banyaknya PNS yang memasuki batas usia pensiun.  Formasi untuk kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang, terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.


KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI

KONFERENSI PERS

PENERIMAAN CPNS Dl LINGKUNGAN MAHKAMAH AGUNG DAN KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA TAHUN 2017

1. Pemerintah Republik Indonesia pada Tahun 2017 mengundang Putra-Putri terbaik bangsa untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

2. Berdasarkan Nawacita, penetapan kebijakan penerimaan CPNS pada Tahun 2017 diawali dengan prioritas untuk jabatan yang terkait dengan Penegakan Hukum di lingkungan Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pertimbangan utamanya adalah karena adanya peningkatan beban kerja di kedua instansi tersebut dan banyaknya PNS yang memasuki batas usia pensiun (sebagai contoh tidak ada penerimaan hakim selama 7 tahun).

3. Formasi untuk Mahkamah Agung sejumlah 1.684 Calon Hakim pada Peradilan Umum, Peradilan Agama dan PeradilanTata Usaha Negara, dengan kualifikasi Sarjana Hukum/Sarjana Syar'iah/Sarjana Hukum Islam.

4. Formasi untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sejumlah 17.526 untuk 21 jabatan terdiri dari:

a. 14.000 untuk Penjaga Tahanan dengan kualifikasi SLTA Sederajat yang menguasai komputer,
b. 2.278 untuk Analis Kemigrasian dengan kualifikasi Sarjana/S-l dari beberapa Jurusan,
c. 1.248 untuk 19 jabatan teknis lain dengan kualifikasi Sarjana/S-l dan D-lll dari beberapa Jurusan.

5. Dalam jumlah formasi di kedua instansi tersebut termasuk untuk:
  • Putra/putri lulusan terbaik (cumlaude/den gan pujian) sejumlah 468 orang, 
  • Putra/putri Papua dan Papua Barat sejumlah 301 orang. 
6. Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dilakukan berdasarkan prinsip Kompetitif, Adil, Objektif, Transparan, Bersih dari praktik KKN, dan Tidak dipungut biaya.

7. Informasi resmi terkait dengan persyaratan pendaftaran dan jadwal dapat diakses mulai tanggal 11 Juli 2017, paling lambat pukul 24.00 WIB di:

a. Situs KemenPANRB: www.menpan.go.id
b. Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id
c. Situs Mahkamah Agung:
https://www.mahkamahagung.go.id,
http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id/

d. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id

8. Saya tegaskan agar masyarakat / calon pelamar tidak mempercayai apabila ada pihak-pihak tertentu yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam penerimaan CPNS dimaksud dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya.

Jakarta, 11 Juli 2017 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan 
Reformasi Birokrasi 
Asman Abnur

Pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui https://sscn.bkn.go.id pada tanggal 1 – 31 Agustus.

Seperti tahun sebelumnya, satu orang pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Formasi CPNS Kemenkumham

Post a Comment for "Penerimaan CPNS 2017 Resmi Dibuka : 19.210 Formasi"