Hasil TKD Kementerian Kelautan dan Perikanan - KKP

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

PENGUMUMAN
Nomor B.1020/SJ.2/KP.310/XI/2013
TENTANG
HASIL TES KOMPETENSI DASAR (TKD) DAN
PELAKSANAAN TES KOMPETENSI BIDANG (TKB)
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
TAHUN 2013

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi Nomor 35 Tahun 2013 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dari Pelamar Umum Tahun 2013, nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar adalah:
a. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) :105;
b. Tes Intelegensia Umum (TIU) : 75;
c. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) : 70.

Berdasarkan hasil Tes Kompetensi Dasar Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013 dengan Computer Assisted Test (CAT) pada tanggal 9 Oktober sampai dengan 2 November 2013, dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2013 tentang Kebijakan Tambahan Alokasi Formasi dan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2013 serta surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 515/M-PANRB/11/2013 tanggal 19 November 2013 hal Peserta Seleksi CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan Yang Memenuhi Nilai Ambang Batas, maka Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013, dengan ini menetapkan:

1. Peserta yang dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013 adalah peserta yang memenuhi nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar;

2. Peserta yang dapat mengikuti Tes Kompetensi Bidang ditetapkan sebanyak 3 (tiga) kali jumlah lowongan formasi jabatan berdasarkan urutan peringkat nilai Tes Kompetensi Dasar;

3. Peserta Tes Kompetensi Dasar yang berhak untuk mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB) adalah sebagaimana tercantum pada kolom STATUS (sebagai PESERTA TKB), lokasi ujian pada kolom LOKASI UJIAN TKB dalam Lampiran Pengumuman ini;

4. Apabila peserta yang dinyatakan lulus dengan status sebagai PESERTA TKB sebagaimana dimaksud pada nomor 3 TIDAK HADIR untuk mengikuti Tes Kompetensi Bidang, maka Tim Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013 akan memanggil peserta dengan status sebagai PESERTA TKB CADANGAN;

5. Tes Kompetensi Bidang meliputi:
a. Tes Tertulis Kompetensi Bidang;
b. Tes Psikologi Lanjutan;dan
c. Tes Wawancara.

6. Tes Tertulis Kompetensi Bidang dilaksanakan pada:
a. Hari : Sabtu
b. Tanggal : 30 November 2013
d. Tempat :
1) Lokasi Jakarta : Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta Jl. AUP Pasar Minggu, Jakarta Selatan
2) Lokasi Surabaya : Akademi Perikanan Sidoarjo Jl. Raya Buncitan, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur
3) Lokasi Medan : Balai Pendidikan dan Pelatihan Belawan Jl. Khaidir, Kel. Nelayan Indah, Kec. Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara
4) Lokasi Makassar : Balai Penelitian dan Pengembangan Air Payau Maros Jl. Makmur Daeng Sittaka No.129 - Maros, PO BOX 141, Maros 90512, Sulawesi Selatan

7. Tes Psikologi Lanjutan dilaksanakan pada:
a. Hari : Sabtu
b. Tanggal : 30 November 2013
c. Pukul : 10.30 – 13.00 WIB
d. Tempat :
1) Lokasi Jakarta : Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta Jl. AUP Pasar Minggu, Jakarta Selatan
2) Lokasi Surabaya : Akademi Perikanan Sidoarjo Jl. Raya Buncitan, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur
3) Lokasi Medan : Balai Pendidikan dan Pelatihan Belawan Jl. Khaidir, Kel. Nelayan Indah, Kec. Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara
4) Lokasi Makassar : Balai Penelitian dan Pengembangan Air Payau Maros Jl. Makmur Daeng Sittaka No.129 - Maros, PO BOX 141, Maros 90512, Sulawesi Selatan

8. Tes Wawancara dilaksanakan pada:
a. Hari : Minggu
b. Tanggal : 1 Desember 2013
c. Pukul : 08.00 WIB - selesai
d. Tempat :
1) Lokasi Jakarta : Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta Jl. AUP Pasar Minggu, Jakarta Selatan
2) Lokasi Surabaya : Akademi Perikanan Sidoarjo Jl. Raya Buncitan, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur
3) Lokasi Medan : Balai Pendidikan dan Pelatihan Belawan Jl. Khaidir, Kel. Nelayan Indah, Kec. Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara
4) Lokasi Makassar : Balai Penelitian dan Pengembangan Air Payau Maros Jl. Makmur Daeng Sittaka No.129 - Maros, PO BOX 141, Maros 90512, Sulawesi Selatan

9. Pelaksanaan TKB bagi PESERTA TKB CADANGAN yang akan mengganti posisi PESERTA TKB sebagaimana dimaksud pada nomor 4, dijadualkan pada tanggal 2 Desember 2013;

10. Tata tertib Tes Kompetensi Bidang
a. Peserta Tes Kompetensi Bidang Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013 wajib:
1) Berada di lokasi tes 1 (satu) jam sebelum ujian dimulai untuk melakukan registrasi dan pembubuhan stempel pada tangan/lengan. Briefing kepada peserta dilakukan 30 menit sebelum tes dimulai. Peserta yang terlambat tidak diperkenankan mengikuti ujian;
2) Mengikuti ujian Tes Kompetensi Bidang sesuai jadwal yang telah ditetapkan; 3) Berpakaian rapi dan bersepatu (tidak diperkenankan memakai celana atau rok berbahan jeans/corduray/khakis/legging, T-Shirt, kaos berkerah, sepatusandal/ sandal, topi);
4) Membawa dan menunjukkan Kartu Peserta Ujian dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
5) Membawa alat tulis (Pensil 2B asli, karet penghapus, ballpoint hitam, dan papan alas).

b. Peserta Tes Kompetensi Bidang Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013 dilarang:
1) Membawa senjata api/tajam;
2) Membawa buku/literatur, kalkulator atau yang serupa dengan itu;
3) Membawa dan/atau mengaktifkan telepon genggam atau alat elektronik lainnya yang serupa dengan itu;
4) Melakukan hal-hal yang dapat mengganggu ketenangan dan ketertiban pelaksanaan tes.

11. Sebelum mengikuti Tes, peserta dianjurkan untuk makan pagi/sarapan terlebih dahulu, dan mempersiapkan makan siang serta minum yang memadai, mengingat waktu pelaksanaan Tes yang cukup panjang.

12. PESERTA TKB yang tidak hadir pada jadual yang telah ditentukan pada setiap tahapan Tes, dianggap mengundurkan diri;

13. Pengumuman hasil akhir seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan dapat dilihat pada website Kementerian PAN dan RB, www.menpan.go.id serta website Biro Kepegawaian Kementerian Kelautan dan Perikanan, www.ropeg.kkp.go.id direncanakan pada minggu pertama Desember 2013;

14. Dalam Proses pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013, tidak dipungut biaya apapun.

15. Bagi peserta yang dinyatakan lulus seluruh proses seleksi dan telah ditetapkan sebagai CPNS, tetapi mengundurkan diri, diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan oleh Negara yang besarannya akan diumumkan kemudian.

16. Apabila peserta memberikan keterangan/data yang tidak benar atau palsu, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes, maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan/data yang tidak benar atau palsu tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana kepada pihak yang berwajib.

17. Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang hasil akhir seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013 tidak dapat diganggu gugat.

Jakarta, November 2013
KEPALA BIRO KEPEGAWAIAN
selaku
Ketua Tim
Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2013
ttd.
Supranawa Yusuf, S.H., M.P.A.
NIP. 19630504 198901 1 001

Lampiran:

Subscribe to receive free email updates:

70 Responses to "Hasil TKD Kementerian Kelautan dan Perikanan - KKP"

  1. kenapa yg ikut tes TKB cuma 1:3 aja?padahal kan yg cadangan blm tentu gag kompeten

    ReplyDelete
  2. beneran ga si ni pengumuman? jangan2 bokis

    ReplyDelete
  3. beneran.. ada di webnya kkp... cuma lg down....
    1:3 mungkin karena peraturannya memang segitu perbandinganya bwt kkp.
    kalo mau ikut tkb... target peringkat 1.... jadi masalah 1: berapa ga ngaruh...
    TKD cuma salah satu tolak ukur kompetensi..

    ReplyDelete
  4. Kenapa Pakek Cadangan Segala yaa...Kan kasihan Peserta cadangammya...

    ReplyDelete
  5. Amat disayangkan kenapa harus cadangan , belum tentu yg cadangan pengetahuan bidang ilmu nya lebih rendah dari yg peringkat 1 . TKD hanya dasar gx bisa dijdikan patokan . Apa iyaa KKP akan maju hanya karena di isi orang yg tahu pengetahuan dasar nya saja . Padahal pengetahuan bidang itu lebih penting.

    Seharusnya biar lebih adil semua yg lulus di ikutkan tes . Coba pikir ulang lagi KKP ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan ane setuju ma ente, masak yang lulus (cadangan) gk diberi kesempatan yang sama u/ ikut TKB jga, ini namanya penyelenggara menerapkan standar ganda..katanya klo o lulus harus lulus passing grade, ttpi begitu lulus passing grade u/ ikut TKB masih dirangking lagi tu passing grade.harus yang lulus TKD (passing grade nya lulus) di tanding lagi supaya adil..saya pikir nilai TKD tinggi juga ada unsur keberuntungan nya juga. klo menurut saya yang lulus TKD juga diberi kesempatan tes TKB baru kedua tes tersebut dijadikan penelian kelulusannya..

      Delete
    2. Apa jaminan kalo kalian bisa lebih baik dari mereka yang lulus peringkat 1-3? Lha wong TKD yang dasar aja ga masuk peringkat 1-3 yg sebagai acuan untuk masuk ke tahap berikutnya. Belajar lagi yang giat, terutama belajar ikhlas.

      Delete
    3. BERI KESEMPATAN UNTUK IKUT TES TKB

      Delete
  6. tidak adil... instansi yang lain tidak begini ... syarat mau ikut tkb tuh adalah lulus tkd... mendingan tidak usah ada tes selanjutnya ... langsung ambil yang teratas saja... memang yang memegang kuasa bisa bikin peraturan seenaknya.. klo gitu mendingan tidak ikut tes bela belain pulang malam tuk ikut tes...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, mending gak usah ikut tes cpns lagi ke depan e...pasti kkp dan indonesia rugi besar gak nerima anda hehe....

      Delete
  7. Sangat Gak Adil

    ReplyDelete
  8. Di instansi lain gak begini , gak ada cadangan ... Klo lulus tkd berhak ikut tkb ... Gimana lah KKP ini seenaknya sendiri ....

    ReplyDelete
  9. Seharusnya Anda-Anda itu bersyukur karena KKP sudah transparan, seluruh nilainya direkap hingga 200 lembar. Jadi seluruh perserta tahu posisi masing-masing. Dan juga perbanding 1:3 itu sudah sesuai dengan permenpan, KKP berusaha sesuai dengan aturan. Kalaupun tahun ini belum masuk tahap selanjutnya harus tetap move on, masih ada banyak kesempatan lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget, proses ini sudah transparan banget...salut buat kkp (terutama panitia nya yang sudah capek2 ngurusi yang beginian)

      Delete
    2. ah.. saya setuju juga.... kkp cukup transparan... bagus lagi kalau nanti hasil TKB juga diumumkan...
      nek menurut saya.. yang ada di tkd itu bisa dipelajari semua... jadi bukan soal yang sulit sekali untuk dikerjakan... dan itu kemampuan dasar yang sudah standard.. kalau yang dasar aja tidak terpenuhi.. gimana yang spesifikasinya... KKP ga ambil 1:1 tapi 1:3... jadi kalau yang peringkat 1 tidak memenuhi standard kompetensi bidang, semoga yang ke 2 atau ke 3 bisa memenuhi....

      Delete
  10. Kl perbandingan 1:3, untuk hasil kelulusan TKD itu masih ga adil, karena masih ada tahap2 selanjutnya..kasihan yg di cadangkan, sudah jauh2 untuk test, tp malah dijadikan cadangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum memvonis baca dlu dengan teliti lampirannya ...Permenpan No. 24 tahun 2013......unduh di sini http://www.menpan.go.id/jdih/permen-kepmen/permenpan-rb/file/3990-permenpan-2013-no-24

      Delete
  11. Apa ada instansi lain yg menerapkan pengumuman kelulusan TKD seperti KKP, yg hanya mengambil peringkat 3 besar?? Artinya jika peserta non cadangan hadir semua utk mengikuti TKB, berarti sudah tidak ada kesempatan lagi kah utk yg cadangan?? Dan itu berarti yg cadangan sama halnya tidak lulus. #mewek

    ReplyDelete
  12. Pasal 4 Permenpan No 24 Th 2013
    (3) Pelamar yang dinyatakan lulus tes kompetensi dasar
    sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan berdasarkan
    nilai ambang batas kelulusan (passing grade) yang ditetapkan
    oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
    Birokrasi.
    (4) Pelamar yang dinyatakan lulus tes kompetensi bidang
    sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan berdasarkan
    peringkat.
    Ya semoga peserta TKB asli yg 3 orang itu berhalangan hadir, sehingga aq dapat kesempatan ikut TKB . AMIINNNN

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan panitianya gak datang jadi semuanya lulus. kabulkanlah permohonan baim ya Allah..

      Delete
    2. kalo peringkat 1 sampe 3 ga hadir, berarti yang dipanggil tes peringkat 4 sampe 6 dong ya?. berarti peringkat di bawah 6 nasibnya piye

      Delete
    3. yang peringkat 2 formasi teknik ad yg ga datang....yg cadangan berikut siap tanding tuuu

      Delete
  13. Saya sudah membaca Permenpan 24 TH 2013, Tapi yg disayangkan dr tim pengadaan CPNS KKP, knp yang ikut TKB hny 3 perserta, hrsnya yg cadangan diikutkan ujian TKB jg. Coba liat instansi yg lainnya.BPKP misalny. TKB adalah Tes Kmptnsi Bidang, jd mncari org yg berkompeten di bidng yg dimint, bkn menetapkan org brdsr rangking TKD (DASAR). gmn jd ny KKP kl hny diisi org yg tau Dasar aja? Tolong Diubah pelaksanaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SETUJU............................

      Delete
    2. itu artinya anda belum membaca!!!
      terima kasih

      Delete
    3. penyelenggara menerapakan standar ganda ini namanya, harusnya yang lulus TKD (mau cadangan ato pmain inti) ttp diberi kesempatan juga kataya hrus lulus passing grade, setelah lulus msih aja di rangking...logikanya TKD+TKB (sama- sama tes dasar) itu bagian dasar dri penilain seseorang untuk lulus jdi PNS.setelah itu baru di rangking siapa yang dri TKB+TKD tertinggi dia yang jadi CPNS, saya rasa itu cukup adil dan gk terkesan menerapkan standar ganda

      Delete
    4. Untuk yang ga lulus maupun yang cadangan lebih giat lagi belajar nya, biar hal yang dasar hasil nya bagus. Jangan banyak mengeluh. tahu diri kalo memang tidak lulus. Banyak orang berpendidikan, tp belum tentu mereka pintar dan beruntung.

      Delete
  14. Test nya memang transparan . Tapii pengambilan keputusan utk yg lulus tapii dijadikan cadangan itu yg tidak adil .
    Takut bener tersaingi dgn yg cadangan .

    ReplyDelete
  15. LULUS tapii cadangan sama aja Gak LULUS !

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah cadangan walau dikit aja ikut TKB...

    Gak usah protes atau mengeluh, berarti itu bukan rejeki kita. Yang lolos berarti lebih membutuhkan kerja PNS dari pada kita :)

    Move on ah...kekeke

    ReplyDelete
  17. sebenarnya terasa memang kurang adil, namun mungkin KKP mengurangi buget untuk test TKB, Seharusnya kita yang cadangan ini, lebih giat belajar lagi, biar dapat peringkat utama, Ayo... yang cadangan seperti saya, semangat,
    Keep Move on,....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat... belajar lagi... biar lulus TKD, masuk peringkat 3 besar... dapat kesempatan ikut tkb.... lulus tkb... wawancara dll... jadi PNS....

      Delete
  18. Pada posisi tertentu Peserta TKB 12 org, Peserta TKB Cadangannya 120an org,utk apa cadangan sebanyak itu,memberi harapan yang tdk jelas..sekalian aja dibuat tdk ikut TKB..

    ReplyDelete
  19. Dari keluh kesah teman2, sepertinya bisa ditarik garis lurus kalau faktor kata CADANGAN terkesan memberikan harapan palsu, kurang adil, dsb..

    Nanti saya usulkan peserta "CADANGAN" diganti dengan: PESERTA YANG BERHARAP SEMU PADAHAL KEMAMPUAN MINIM YANG, HALOOO NILAIMU ITU LHO KURANG MASA MAU MINTA IKUT TES TKB, NGACA DONK.." hahaha
    kabur dulu ah, karena saya juga masuk peserta cadangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha..... yang di caps lock itu loh... kena banget...

      Delete
  20. kasih kesempatan peserta yang lulus TKB berjuang.. baru lihat siapa yang terbaik di bidangnya...KKP panggillah peserta yang lulus...

    ReplyDelete
  21. KKP tidak mau repot mencari yang enak aja... kasihan yang sudah berjuang tidak diberi kesempatan,, siapa tau nilai bidang cadangan lebih baik dari 3 orang itu... harusnya dari awal dikasih tau cuma butuh 3 aja buat tes berikutnya.. kementerian yang anehhh tidak seperti kementerian yang lain,, tidak jelas dan seenanknya aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. budget bossss... buget.. hadeuh... udahlah ikhlas ajah...

      Delete
    2. baca bossss baca komen sebelomnya hadeuhhh~

      Delete
  22. KKP mengecewakan banyak harapan orang yang telah berjuang....

    ReplyDelete
  23. udah terima aj itu udah di atur sm MENPAN...
    gw jg masuk cadangan sih tapi ap boleh buat :(

    menurut PERMENPAN 2013 No.24
    bagian LAMPIRAN halaman 18 NOMOR 4:

    4. Pelaksanaan tes dan pengolahan hasil tes kompetensi bidang
    a. Peserta tes yang dapat mengikuti tes kompetensi bidang
    adalah peserta tes yang telah memenuhi nilai ambang
    batas/passing grade tes kompetensi dasar.
    b. Dalam hal jumlah peserta yang memenuhi nilai passing
    grade melebihi jumlah lowongan formasi jabatan, maka
    peserta yang dapat mengikuti tes kompetensi bidang
    adalah 3 (tiga) kali jumlah lowongan formasi berdasarkan
    urutan peringkat.

    halaman 19 NOMOR 5:
    5. Penentuan kelulusan CPNS
    e. Penetapan dan pengumuman hasil seleksi bagi peserta
    harus sesuai dengan formasi jabatan, kualifikasi pendidikan
    dan tidak melebihi jumlah setiap formasi jabatan sesuai
    dengan yang ditetapkan/disetujui oleh Menteri PANRB;

    ReplyDelete
  24. Saya jg merasa tidak adil mulai dalam pelaksanaan TKD...
    walaupun sy udh lulus dan mengikuti TKB nanti sy berpendapat kalau dalam pelaksanaan tes2 harus di ubah untuk kedapannya...

    1. pelaksanaan tkd kmrn cukup memakan waktu yg sangat panjang sekitar hampir 1 bln.. kebocoran soala dapat terjadi untuk yg melaksanakan tes pada hari2 pertengahan hingga akhir.. misalnya si A telah melaksanakan tes sedangkan si I,J,K,L belum dan mereka bertanya apa yg keluar dlm tes padasi A.. walaupun soalnya berubah pasti suatu saat akan kembali keluar soal yg sama.. tidak mungkin smua soal berbeda emank menpan mau buat soal 100x13.000?? mengapa harus selama itu?? mengapa tidak dapt selesai dlm waktu 1 hari sehingga meminimalisir kbocoran?? sedangkan CAT sistemnya online sehingga dimanapun tes pasti bisa...

    2. untuk yg peserta TKB cadangan bagaimana mereka bisa tahu ada tidaknya peserta TKB yg tidak hadir?? banyak peserta yg tinggal sangat jauh dr lokasi tes.. jd sangat mubazir ketika mereka datang tp ternyata peserta TKB hadir semua...
    kenapa tidak diizinkan ikut tes saja semua??

    MUDAH2N PEJABAT TERKAIT DAPAT MENDENGARKAN INI..
    DAN SEMOGA YG JADI TKB CADANGAN DAPAT IKUT TKB JG...
    AAMMIINN...

    ReplyDelete
  25. Seandainya peserta TKB berhalangan dan kemudian akan dipanggil peserta TKB cadangan, mekanisme pemanggilannya itu seperti apa ?

    ReplyDelete
  26. Sy termasuk Cadangan,, tapi sy salut denngan KKP. saya rasa ini sudah cukup transparan..
    memang masih bnyk yang perlu diperbaiki salah satunya,,ya perbaikilah diri anda sendiri. berkaca.. Knp tidak bisa menjadi 3 teratas?, palagi yang nilainya masih jauh dari nilai dari peringkat 1,2 dan 3...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini baru komen cerdas...

      Delete
  27. saya juga cadangan.. mana peringkat 4, alias cadangan pertama..
    tapi nggak masalah.. buat saya rejeki ngga cuma dari kkp.. hehehe

    ReplyDelete
  28. Kalau teman-teman mau menulis aspirasi ada baiknya di website KKP atau kirim via pos ke KKP biar setidaknya ada org KKP yang baca, setidaknya tahun depan bisa diubah istilah peserta cadangan,,,,,ya seharusnya peserta tidak lulus saja, jadi kalau peserta cadangan itu seolah-olah memberi harapan palsu, tetapi kalau tidak lulus berarti tidak terlalu berharap nanti peserta TKB nya ada yang tidak datang sehingga peserta cadangan bisa dipanggil,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  29. Memang lebih bijak bila panitia CPNS KKP mengikutsertakan semua yang lulus TKD untuk ikut tes TKB, setelah itu dilihat hasil tes TKB berdasarkan peringkat tertinggi atau berdasarkan perbandingan 1:3 untuk seleksi selanjutnya/wawancara. karena instansi lain seperti PEMDA DKI, kementerian lingkungan hidup saja membolehkan semua peserta yang lulus TKD untuk ikut tes TKB

    ReplyDelete
  30. Saya cadangan BERHARAP... SEMOGA ALLOH MEMBERI YANG LEBIH BAIK DARI pada KKP...AMINNN

    ReplyDelete
  31. Udah jadi peserta cadangan, Syukur drpd tidak lulus. ibarat melangkah udah lebih dekat ke tujuan drpd yg gak lulus. tinggal brusaha lebih keras lg agar bisa sampai ketujuan. tahun ini cadangan, mdh2an tahun depan lulus jd peserta TKB. KKP lanjutkan, terima kasih atas transparansinya, hanya saja ada yg masih kabur yaitu....GMN MEKANISME PEMANGGILAN TKB CADANGAN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Via pengumuman di websitenya Bro. Bappenas sudah melakukan ini dan ada peserta cadangan sampai ratusan juga yang dipanggil :D

      Delete
  32. 1. pemerintah khususnya menpan seharusnya tidak membuat aturan seperti itu, karena sangat tidak adil bagi para peminat pengabdi negara, karena....
    2. kalau tujuannya ingin menjaring putra2 terbaik bangsa seharusnya semua peserta yang lulus tkd di berikan kesempatan yang sama untuk mengikuti tes lanjutan, karena semakin banyak peserta kemungkinan untuk mencapai SDM yang di harapkan akan semakin tinggi pula, karena.....
    3. SDM terbaik bukan tidak mungkin berasal dari mereka2 yang lulus dengan status cadangan, dan....
    4. jika menpan ingin tetap menerapkan aturan itu menurut saya sudah saja ambil peserta yang lulus dengan nilai terbaik jadi tidak usah repot2 dan menghambur-hamburkan uang negara untuk pelaksanaan tes lanjutan,
    5. terimakasih semoga menjadi perhatian....................

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Lha situ siapa, kok sok mau atur menpan. SANGAT TIDAK ADIL dari mananya, emang yg no 1-3 gak belajar apa, gak persiapan matang apa.
      2. Nah loh, pernah masuk sekolah gak, biasanya rangking 1-3 yg di ikutkan siswa berprestasi atau lombs cerdas cermat.
      3. Setidaknya 3 teratas adalah yang terbaik di antara peserta cadangan dan itu FAKTA
      4. Situ gak konsisten, tadi bilang adil di poin 1, di poin 4 kan urutan 2-3 berhak di ikutkan..
      5. Komentar orang kecewa ngapain diperhatikan.kekeke

      Delete
  33. kalau meLuluskan hanya 3 peringkat dari hasil TKB sih gag masalah..
    ini kok dari TKD???

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari 3 terbaik dari TKD nanti kan diambil yg terbaik di TKB, proses seleksi ya gitu Om :D

      Delete
  34. Replies
    1. ente malah lebih aneh, ikut CPNS di instansi yg dianggap aneh plus komentar aneh pula.wekeke

      Delete
    2. lo sok tau..

      Delete
  35. yah sudahlah meskipun cadangan, sudah bersyukur aja, ikhlaskan aja, moga naik status menjadi peserta tkb, ihiii ngarep........la...la..la...

    ReplyDelete
  36. di ESDM jg seperti KKP ini, yang dipanggil 3 besar tiap formasi, namun, ESDM sudah dr sejak awal memberitahukan tentang hal itu :)
    memang terkesan tidak adil, apalagi peserta TKB cadangan yg sudah nomor buntut....sangat tipis sekali harapannya, wlpn passing gradenya lulus....
    untuk wawancara jg KKP menulis jadwal jam 8 sd selesai, artinya yg dapat giliran terakhir kasihan jg menungggu lama dr pagi....pdhl yg diwawancara semuanya dlm 1 hari

    ada baiknya KkP kedepan teru mengevaluasi penerimaan cpns di tahun mendatang agar efektif dan efisien
    alhamduliilah lolos u ikut TKB :)

    ReplyDelete
  37. klo seandaninya peserta TKB peringkat 1-3 hasil TKB nya tidak sesuai.. gmna ya..?

    ReplyDelete
  38. dari pengarahan panitia sebelum ujian TKD klo nilai minimalnya 250 dengan nilai TWK min 70,TIU min 75,TKP 105 maka akan ikut seleksi berikutnya/ tes TKB

    ReplyDelete
  39. yang merasa tidak masuk ke tahapan berikut, (fakta=belum, kurang atau bahkan tidak mampu) nggak usah cari-cari alasan ketidakadilan sistem atau panitia...persiapkan lagi satu tahun kedpan buktikan anda yang rangking 1

    ReplyDelete
  40. jangan KEBELET jadi PNS....MAU tapi NGGAK MAMPU....nanti malah nggak bener jadi PNSnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm.............di jurusan yang lain nilainya lbh rendah dr yg peserta cadangan yg tdk diikutkan tes tkb tp bisa lulus.....apa nanti juga bisa lebih bener jadi PNSnya????

      Delete
    2. panitia kan ngukurnya lolos passing grade tkd berarti mampu gan,,,,

      Delete
  41. Bacalah Peraturan Menpan RB No. 24 Tahun 2013 secara keseluruhan, jangang separo-separo, di lampiran sudah jelas bahwa dalam hal peserta test yang memenuhi passing grade melebihi quota CPNS maka yang diambil adalah 3x formasi bardasarkan peringkat. maka yang cadangan harusnya bersyukur, walaupun nantinya belum tentu diikutkan test, karena kebanyakan instansi-instansi yang lain juga mematuhi aturan permenpan tersebut tanpa ada peserta cadangan. trima kasih

    ReplyDelete
  42. Pengumuman akhir cpns KKP pasti tgl 21/12/2013 gak ya?apa mundur lg,kan tgl 21/12/2013 hari sabtu.Denger2 persentase perhitungan kelulusan KKP TKD 60%+TKB Tertulis 35%+Wawancara %5,bener gak ya?Mohon info Agan2 semua...

    ReplyDelete
  43. ini pengumuman tkb/spiko/wawancaranya molor lagi... kkp memang yahud...
    kementrian aja ngaret, gmn pegawenya??

    ReplyDelete