Tanya Jawab Seputar CPNS

Saya diterima menjadi CPNS, kapan pengangkatannya?

Setelah ada surat keputusan pengangkatan sebagai calon pegawai negeri sipil (SK CPNS) maka resmi menjadi CPNS.

Prosesnya bagaimana?
  1. Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat / Daerah menyampaikan daftar pelamar yang dinyatakan lulus ujian penyaringan dan ditetapkan diterima untuk diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara untuk mendapat Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil
  2. Dalam menyampaikan daftar permintaan Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil tersebut dilengkapi dengan lampiran yang sudah ditentukan 
  3. Kepala badan Kepegawaian Negara memberikan Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil bagi yang memenuhi syarat, sedangkan yang tidak memenuhi syarat tidak diberikan Nomor Identitas Pegawai dan berkasnya dikembalikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian yang bersangkutan
  4. Berdasarkan Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil (NIP) maka Pejabat Pembina Kepegawaian menetapkan keputusan pengangkatan yang bersangkutan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil
Berapa lama proses pembuatan NIP?

Tergantung pada 2 hal:
  1. Kelengkapan berkas persyaratan
  2. Sedikit banyaknya instansi yang mengajukan permohonan NIP ke BKN 
Data dari BKN per 27 Januari 2014 menunjukkan dari 6.665 formasi yang diusulkan mendapatkan NIP sebanyak 5.310 yang sudah selesai atau persentasenya mencapai 80%.

Berarti dengan pengumuman kelulusan dimulai yang tanggal 24 Desember 2013 (asumsi intansi langsung mengusulkan NIP ke BKN), proses pembuatan NIP diperkirakan sekitar 1 bulanan.

SK CPNS memuat apa saja?

Isi pokok SK CPNS
  1. TMT
  2. Nama
  3. NIP
  4. Tempat/Tanggal lahir 
  5. Jenis Kelamin 
  6. Pendidikan 
  7. Golongan ruang 
  8. Masa kerja golongan 
  9. Gaji Pokok 
  10. Tugas pada satuan 
  11. Organisasi/unit kerja 
  12. Instansi 
TMT CPNS kapan?

Sesuai surat dari BKN, TMT CPNS
  1. Apabila usul penetapan NIP sampai dengan akhir Desember 2013, maka TMTnya 1 Januari 2014;
  2. Apabila usul penetapan NIP sampai dengan akhir Januari 2014, maka TMTnya 1 Februari 2014;
  3. Apabila usul penetapan NIP sampai dengan akhir Pebruari 2014, maka TMTnya 1 Maret 2014
Jadi tergantung kecepatan instansi mengajukan usulan NIP ke BKN

Jadi kita mulai kerja menunggu NIP selesai dulu ya ....

Tidak juga, ada sebagian instansi yang sudah memanggil kandidat CPNS untuk mulai masuk kerja (biasanya dimulai untuk orientasi awal). Namun sebagian besar instansi menunggu NIP selesai terlebih dahulu. Pernah ada kejadian bahwa CPNS sudah dipanggil masuk kerja, namun ternyata tidak diberikan NIP oleh BKN.

Lho sudah pemberkasan masih bisa gagal jadi CPNS ?

Pembatalan menjadi CPNS terjadi jika yang bersangkutan terbukti melakukan manipulasi data, misalnya data yang masukkan saat melamar tidak sesuai dengan data yang diberikan.

Kapan mulai gajian?

Setelah mulai masuk kerja nanti CPNS diminta untuk mengumpulkan dokumen sebagai persyaratan gaji seperti SK, surat nikah, akte kelahiran, NPWP dll. Nanti bendahara Satker pada unit penempatan yang akan mengurusnya. Lamanya sekitar 2-4 bulan untuk terima gaji pertama kali.

Benarkah kita terima rapelan gaji per TMT CPNS?

Tidak benar, gaji dibayarkan berdasarkan TMT SPMT (Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas) yang dibuat oleh pejabat yang berwenang dan merupakan bukti bahwa yang bersangkutan telah secara nyata melaksanakan tugasnya sejak tanggal sekian. Atau sederhananya gaji dirapel dari mulai masuk kerja

Bisa saja TMT CPNS 1 Januari 2014 tapi pemanggilan masuk kerja oleh instansi tanggal 1 Maret 2014, jadi gaji mulai dibayarkan per 1 Maret 2014.

Katanya masa kerja di perusahaan swasta bisa diperhitungkan menambah Masa kerja CPNS dan apa pengaruhnya

Benar…
Namun yang diperhitungkan hanya ½ (setengah) masa kerja sebagai pegawai swata dan masa kerja diperhitungkan paling banyak 8 tahun, dengan syarat: Perusahaan berbadan hukum; Jika bekerja lebih dari 1 perusahaan tidak boleh kurang dari 1 tahun untuk tiap perusahaan.

Pengaruhnya jelas ke Gaji Pokok, yang disebut MKG (Masa Kerja Golongan) contohnya sama-sama CPNS 2013 Golongan IIIA, si A tidak ada pengalaman gajinya mulai 2.186.400 si B pengalaman di swasta yang diakui 4 tahun gajinya mulai Rp 2.326.300

Kok lama banget pengumuman kelulusan CPNS Jakarta?
Tanya ke BKD ya...

Sebagai informasi saja pada perekrutan terakhir 2009 yang menjadi masalah adalah penetapan NIP. Ujian sekitar November pengumuman kelulusan sebulan kemudian, namun penetapan NIP sampai Maret-April 2010, alhasil mulai kerja baru 1 Mei 2010

Kalau Pegawai Tidak Tetap (PTT) atau Honorer gimana masa kerjanya?

Diperhitungkan penuh

Ini dulu, pertanyaan lain menyusul ....

Subscribe to receive free email updates:

39 Responses to "Tanya Jawab Seputar CPNS "

  1. Tanya mas agus, kalau pernah menjadi Pegawai Tidak Tetap (PTT) atau istilahnya Honorer itu mempengaruhi masa kerja seperti kerja di swasta ?

    ReplyDelete
  2. TMT itu harusnya Tanggal Mulai Tugas

    ReplyDelete
  3. mas agus,,, numpang tanya.... bagi yang sudah berkeluarga,,, apakah ada tunjangan untuk anggota keluarga kalau masih CPNS?

    kalau ada, bagaimana perhitungan tunjangannya??? Tks.

    ReplyDelete
  4. mas mau nanya...surat pengalaman utk masa krja d swasta apa hrs d lampirkan saat pemberkasan atau bisa d susulkan kemudian hari stlah resmi jd CPNS ?
    thanks sebelumnya...

    ReplyDelete
  5. mas agus terima kasih infonya selalu update,,,,,

    ReplyDelete
  6. mas agus, bila saya telah bekerja selama 6 tahun di instansi pemerintah/ kementerian (bukan swasta), tetapi saya tidak termasuk honorer K1 maupun K2, dan saya lulus di instansi pemerintah/ kementerian lain, apakah masa kerja 6 tahun itu diperhitungkan sebagai masa kerja golongan???, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  7. mas agus, mohon infonya ttg k2 yg lulus menjadi cpns. Apa langkah selanjutnya ya mas? Apakah sama dgn jalur umum, seperti pemberkasan, menunggu sk cpns dan spmt, mengikuti prajab untuk jd pns? Terimakasih mas agus atas pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah diumumkan Kemenpan, daftar kelulusan yang resmi diambil oleh Sekda atau pejabat yg mewakili disertai surat tugas.

      Secara teknis BKD setempat akan mengumumkan ke peserta mengenai syarat dan dokumen yang dibutuhkan utk pemberkasan dlm rangka usulan NIP ke BKN. Masing2 instansi wajib memverfikasi ulang kebenaran dokumen honorer K2.

      Intinya semua sama baik umum maupun honorer mulai dari pemberkasaan, usulan NIP sampai prajab. Jadi jalan terbaik adalah koordinasi dengan BKD atau bagian kepegawaian setempat untuk lebih jelasnya.

      Delete
  8. mas agus mau tanya apabila pemberkasan sudah diterima dan kelengkapannya sudah di tandatangani si pemeriksanya masih ada kemungkinan gagal jadi cpns atau nip g keluar. terima kasih

    ReplyDelete
  9. mau tanya lembaga apa saj yang sudah dpat nip per akhir februari???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dimari Gan... http://t.co/P4Gbx1WjSd.

      Delete
    2. itu data dr mn y? mw cek kl kominfo udh ada atw blm ni

      Delete
  10. Saya jg mau tau instansi mana saja yg sdh dapat nip per akhir Februari? apakah Kemendagri sudah dapat? krn sampai saat ini, 9 Maret blm ada pemanggailan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon sharing infonya terutama yg diterima di Kemendagri. Trims

      Delete
    2. Pantau saja twiter-nya BKN, tiap senin ada laporan penetapan NIP untuk setiap lembaga...

      Delete
  11. OK..Trims saya sdh dapat infonya. Apakah ada kementerian yg harus selesai penetapan nip dan SK baru masuk kerja?? krn saya sdh pemberkasan sejak bulan januari tetapi sampai skrng blm ada panggilan utk masuk kerja. Trims

    ReplyDelete
  12. kominfo blm ada info ya min??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek d web bkn.gi.id pd list mutasi pegawai. Biasanya setiap tgl 10 20 30 ada update nip instani

      Delete
  13. apakah kita harus melampirkan sk honorer dari awal sampai akhir untuk menambah masa kerja cpns

    ReplyDelete
  14. Dmn kira2 kita bisa mengetahui kementerian/lembaga mana saja yang sudah memanggil cpns utk masuk dan yg blm?? Agar yg blm dpanggil bisa tenang..thx..

    ReplyDelete
  15. Saya udah mengumpulkan pemberkasan, di dalam pemberkasan itu saya tidak isi masa kerjanya.. padahal saya sudah 4 tahun sebagai honorer.. saya baru tahu kalo masa kerja ketika jadi honorer bisa menambah masa kerja golongannya. Jadi nanti gimana ya min.. apa data saya bisa diubah kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong kasusnya dengan sy, gmn dong min mhn dijawab..

      Delete
  16. mas atau mbak yang ngasih info http://t.co/P4Gbx1WjSd ada data yang terbaru? tolong dong dishare..

    ReplyDelete
    Replies
    1. searching saja di web bkn.go.id list layanan mutasi kepegawaian atau follow tweets bkn.
      biasanya setiap tgl 10 20 dan 30 ada update nip dari BKN

      Delete
  17. Mas Nip pada guru ini dikasihkan kapan yah? Terus ketika ada tunjangan kok yg dapet yag ada NIK trus yg honorer nggak dapet

    ReplyDelete
  18. Mas,daerah2 mana yg sk cpns-nya blm turun?karena cpns kab. Jember smpai saat ini blm ada kabar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sesuai info update nip dari bkn, jember sudah selesai semua nip nya. ditanyakan ke pihak BKD aja biar jelas. kalo mau ngecek nip cpns 2013 semua instansi/daerah cek di facebook bkn aja.

      Delete
    2. yg cpns jember santai aja mas, sehabis pemilu mungkin coz nip cpns jember dah selesai, nunggu bupatinya ada wktu utk tanda tangan

      Delete
  19. kapan SK kabupaten bulungan turun...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nie buungan blm ad kabar

      Delete
    2. Infonya sudah ada SK untuk Bulungan... Selasa 29 pembagian SKnya...

      Delete
  20. bagi teman teman yang uda ktrima cpns kementan 2013 silahkan bergabung di facebook group kami. CPNS Kementan 2013 (Keluarga Besar CPNS Kementrian Pertanian T.A 2013). makasih

    ReplyDelete
  21. sk kabupaten tana tidung kapan ni?

    ReplyDelete
  22. info utk CPNS Kementrian Pertanian jalur umum ada yg tau gak?bingung,setelah pemberkasan 3 pebruari kmrn,gak ada kbr lanjutan kpan SK turun.makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabung aja ke grup cpns kementan 2013 ( keluarga besar cpns kementan 2013

      Delete
  23. Kapan SK turun? yang tau mohon bagi infonya.

    ReplyDelete
  24. PNS masih menjadi pekerjaan yang banyak diincar orang, termasuk saya

    ReplyDelete