Bagaimana Peluang Lulusan SMA Ikut CPNS 2018?

Mulai besok tanggal 19 September 2018, formasi penerimaan CPNS Tahun 2018 dapat diakses melalui sscn.bkn.go.id. Selain jumlah formsi persyaratan pendaftaran CPNS juga dapat dilihat melalui web resmi tersebut.

Salah satu lowongan CPNS yang selalu menjadi perhatian adalah formasi bagi dengan kualifikasi lulusan SMA Sederajat. Hal ini dikarenakan setiap pelamar CPNS atau pencari kerja dipastikan punya ijazah SMA, selain itu jika formasi yang dilamar dengan pendidikan tinggi tidak ada atau tidak memenuhi kualifikasi maka pelamar CPNS akan mendaftar untuk formasi SMA.



Untuk melihat bagaimana peluang lulusan SMA menjadi CPNS lihat dulu prioritas penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018. Peraturan Menteri PAN dan RB No 36 tahun 2016 tentang kriteria penertapan kebutuhan PNS tahun 2018 menyebutkan bahwa prioritas penetapan kebutuhan PNS tahun 2018  untuk:
  1. bidang pendidikan.
  2. bidang kesehatan.
  3. bidang infrastruktur.
  4. Jabatan Fungsional.
  5. Jabatan teknis lain.
Dengan melihat prioritas kebutuhan PNS di atas, dapat perkirakan  bahwa peluang lulusan SMA hanya terakomodir pada item no 5 yakni jabatan teknis lain. Sedang 4 item lainnya sudah barang tentu berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja yang memenuhi kualifikasi atau syarat jabatan adalah calon yang secara spesifik mempunyai latar belakang pendidikan/bidang yang diminta dalam hal ini hampir semuanya lulusan perguruan tinggi.

Sedangkan jabatan teknis lain diterangkan juga dalam Permenpan RB no 36 bahwa jenis jabatan untuk penetapan kebutuhan (formasi) umum dan penetapan kebutuhan (formasi) khusus bagi Instansi Pusat meliputi Jabatan Fungsional Tertentu dan jabatan teknis lain yang merupakan tugas inti (core business) dari Instansi dan mendukung Nawacita serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

Core business adalah sebuah aktivitas utama dari suatu organisasi. Sebagai contoj pengelolaan lapas merupakan aktivitas utama dari Kemenhunkam, sehingga Kemenhunkam diijinkan untuk merekrut formasi CPNS yang mendukung core business tersebut seperti Penjaga Tahanan. Berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja Penjaga Tahanan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan SMA.

Garis besarnya seperti itulah alur kebutuhan formasi untuk lulusan SMA sampai dengan suatu instansi bisa disetujui Kemenpan untuk merekrut lulusan SMA.

Dapat dipahami jika instansi daerah baik Pemprov maupun Pemkab/Kota pada penerimaan CPNS tahun 2018 ini tidak akan membuka formasi lulusan SMA. Dibuktikan dari dokumen formasi CPNS beberapa Pemda yang sudah beredar hanya merekrut lulusan perguruan tinggi (minimal D3) untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

Tidak ada misalnya tenaga administrasi atau Satpol PP di mana sesuai analisis jabatan, kualifikasi pendidikan formasi tersebut bisa diambil dari lulusan SMA. Alasannya: formasi tersebut bukan jabatan prioritas dan bukan formasi yang medukung core business.

Jadi alokasi bagi lulusan SMA untuk penerimaan CPNS Tahun 2018 didominasi Intansi Pusat (K/L) dan formasi jabatan tidak akan jauh-jauh dari formasi dibawah ini:
  • Penjaga Tahanan (Kemenhunkam)
  • Pengawal Tahanan (Kejaksaaan Agung)
  • Pawang/Pelatih Anjing Pelacak (BNN)
  • Rescuer (Basarnas)
  • Kelasi/mualim/masinis (Kemenhub, Bakamla, KKP)
  • Penjaga Mecusuar/Pengamat Gunung Api (ESDM, Kemenhub)
Ikuti info menarik lainnya di cpnsbersih.com

0 komentar:

Post a Comment