Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seputar Penerimaan CPNS 2016

Sebenarnya proses penerimaan CPNS tahun 2016 sudah dimulai pada bulan Mei lalu dengan adanya penerimaan CPNS untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kemenkes. Dilanjutkan penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Guru Garis Depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016, selanjutnya seleksi CPNS untuk Tenaga Harian Lepas – Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian.

Namun alokasi di atas bukan untuk formasi jalur pelamar umum sehingga perhatian publik tidak terlalu nampak. Sehingga dengan beredarnya informasi bahwa pada bulan Oktober 2016 akan ada penerimaan CPNS 2016 jalur umum menimbulkan antusiasme tersendiri.

Hal ini apat dimaklumi karena sudah 2 tahun terakhir tidak ada rekrutmen CPNS lagi sejalan dengan adanya moratorium PNS yang lebih ketat. Kebijakan moratorium terdahulu menganut azas zero growth artinya pensiun digantikan dengan rekrutmen baru. Hal inilaha yang memungkinkan adanya penerimaan CPNS baru setiap tahun.

Moratorium sekarang lebih ketat terutama menyangkut beban belanja pegawai yang semakin membengkak. Tidak sedikit instansi terutama Pemda alokasi belanja pegawai lebih dominan dibandingkan anggaran untuk pembangunan demi masyarakat banyak. Tuntutan Undang-Undang tentang Aparatur Sipil Negara juga mengharuskan adanya penataan sumber daya manusia aparatur agar lebih berkualitas dan profesional juga menjadi latar belakang moratorium ini.

Rencana Penerimaan CPNS 2016

Dalam berbagai kesempatan pemerintah menegaskan moratorium atau penghentian sementara PNS masih berlaku, namun bersifat terbatas. Pemerintah masih membuka penerimaan CPNS untuk tenaga pendidik, tenaga kesehatan, penegak hukum dan yang berkaitan dengan program unggulan Nawa Cita seperti infrastruktur, ketahanan pangan dan reformasi birokrasi.

Berdasarkan ijin prinsip yang dikeluarkan Kemenpan alokasi formasi yang disetujui untuk penerimaan CPNS Tahun 2016 sebanyak 82.158 formasi. Formasi dari jalur pelamar umum K/L sebanyak 13.197 formasi. Pemerintah daerah yang mendapatkan alokasi hanya 3 Pemda yakni Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat dan Provinsi Kaltara, dengan rincian sebagai berikut :

Alokasi Formasi Penerimaan CPNS 2016

Alokasi di atas menyesuaikan dengan anggaran perekrutan CPNS yang sudah disetujui oleh Kementerian keuangan . Jumlah Kementerian Lembaga (K/L) yang mendapat formasi pada pengadaan CPNS Tahun 2016 sebanyak 31 K/L untuk 185 jenis formasi, diantaranya:

Jenis Formasi CPNS 2016

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sendiri sudah mengeluarkan PermenPAN-RB No 12 Tahun 2016 tentang Formasi CPNS 2016. Peraturan inilah yang menjadi payung hukum pengangkatan formasi jabatan tertentu sesuai persetujuan.

Pelaksanaan CPNS 2016

Cukup jelas bahwa pada tahun 2016 ini memang ada rencana penerimaan CPNS dan prosesnya direncanakan pada bulan Oktober 2016. Info tentang alokasi dan penerimaan CPNS 2016 yang admin posting di cpnsbersih.com cukup valid karena faktanya K/L tersebut mendapatkan persetujuan prinsip formasi pelamar umum dari Kemenpan.

Namun kepastian pelaksanaan masih menunggu keputusan lebih lanjut dari Presiden RI sesuai Rapat Terbatas tanggal 22 September 2016 seperti yang disampaikan Kemen PAN dan RB :



Poin surat diatas Kemenpan mengharapkan semua K/L yang sudah mendapatkan prinsip formasi pelamar umum tidak menginformasikan hal-hal terkait dengan rencana pengadaan CPNS tahun 2016.

Pernyataan terbaru Kemenpan "Memang ada rekrutmen, tapi kuotanya berapa saya belum tahu karena harus menunggu persetujuan presiden dan wakil presiden," kata Menteri Pendaya‎gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur dalam media gathering KemenPAN-RB, Kamis (29/9) (link 1 dan link 2)

Jadi kita tunggu saja perkembangannya 1 - 2 minggu ke depan...

Post a Comment for "Seputar Penerimaan CPNS 2016"