Panduan Psikotest Online Kemenkeu


Salah satu tahapan dalam proses penerimaan CPNS Kementerian Keuangan adalah Psikotest Online. Peserta dapat mengikuti psikotest online setelah dinyatakan lulus dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan jumlah peserta maksimal 3x formasi.

Kegiatan Psikotes merupakan kegiatan tes psikologi yang dilakukan dan di administrasikan secara online yang dapat diakses oleh peserta di dalam tempat yang telah ditentukan. Tujuannya Psikotes Online yakni untuk memetakan kompetensi peserta dengan mengukur aspek psikologis.

Jadi seperti psikotest secara umum namun dilaksanakan secara online dengan lokasi atau tempat tes yang telah ditentukan panitia. Materi psikotes online Kemenkeu kemungkinan terdiri dari kemampuan verbal, numerikal, Ability to Learn dan Personality.

Karena tes inibersifat online maka tes semacam Pauli, Kraeplin, Wartegg, DAP (draw a person), atau Baum (gambar pohon) tidak termasuk yang diujikan karena materi tes tersebut harus berbasis paper (pencil test).

Psikotest online sangat penting karena pada tahap ini menggunakan sistem gugur dengan mengeliminasi peserta menjadi 2x formasi dari 3x ormasi untuk maju ke tahap selanjutnya. Kelulusan tahap psikotes online berdasarkan nilai SKD (bobot 40%) dan Psikotest Online (bobot 60%).

Jadi sangat penting bagi peserta untuk mempersiapkan diri menghadapi tahapan psikotest online ini. Kali ini admin akan memberikan panduan psikotest online Kemenkeu, basisnya hampir sama dengan CAT jadi harusnya peserta sudah terbiasa dengan model tes seperti ini.

Panduan Psikotest Online CPNS Kementerian Keuangan

1. Peserta akan diarahkan ke laman psikotest online




2. Silahkan membaca panduan yang ada terlebih dahulu.



3. Pastikan javascript dan cookies sudah aktif dengan klik disini


4. Setelah membaca seluruh panduan silahkan centang tombol tanda persetujuan dan klik tombol setuju dan lanjutkan.


5. Di halaman selanjutnya akan ditampilkan persetujuan kerahasiaan materi tes, silahkan membca penjelasan terlebih dahulu.



6. Setelah membaca seluruh persetujuan silahkan centang tombol tanda persetujuan dan klik tombol setuju dan lanjutkan 


7. Silahkan masukkan user name dan kata sandi untuk memulai psikotest online.


Pastikan tidak ada kesalahan penulisan karena user name dan kata sandi bersifat case sensitive.

8. Tampilan awal psikotest online akan menampilkan tahapan tahapan tes yang akan dilakukan.


9. Untuk memulai klik tombol berikutnya

Di setiap awal tes akan ada penjelasan menganai tes tersebut, apa yang diukur dan kesempatan untuk menjawab contoh soal.


10. Akan ditampilkan juga penjelasan tombol-tombol yang dapat digunakan untuk pengerjaan psikotes online serta contoh soal.




11. Setelah anda membaca penjelasan tes dan mencoba contoh soal silahkan klik tombol mulai untuk memulai mengerjakan tes tersebut. 


Setiap orang dapat memulai tesnya setelah mereka siap, sehingga setiap orang akan memulai tes dalam waktu yang berbeda-beda.


12. Setelah waktu pengerjaan habis tes akan otomatis tertutup dan kembali ke halaman tes.



Tes yang sudah selesai akan ditandai tanda centang berwarna hijau. Untuk melanjutkan ke bagian tes berikutnya silahkan klik tombol berikutnya. Proses ini akan berulang sampai seluruh tes sudah berhasil diselesaikan.


13. Setelah seluruh rangkaian tes diselesaikan akan muncul tampilan bagian penutup. Hal ini menandakan bahwa tes sudah selesai dan hasil sudah tersimpan dengan baik.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Psikotest Online Kemenkeu"

Post a Comment