Teknis Pendaftaran Satu Pintu CPNS 2014


Melalui Surat Menteri PANRB nomor B/2645/M.PAN-RB/07/2014 tanggal 3 Juli 2014 tentang Kebijakan Pengadaan Formasi ASN tahun 2014, pemerintah menetapkan sistem single entry atau sistem yang terintegrasi secara online dalam pelaksanaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2014.

Surat Menpan:
KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA
DAN REFORMASI BIROKRASI
REPUBLIK INDONESIA
JALAN JENDERAL SUDIRMAN KAV.69 JAKARTA 12190, TELEPON (021)7398381-7398382, FAKSIMILE (021) 7398323
SITUS http://www.menpan.go.id
=====================================================================

Nomor : B/2645/M.PAN-RB/07/2014                                                                           3 Juli 2014
Sifat : Segera
Perihal : Kebijakan Pengadaan Formasi ASN Tahun 2014

Yth.
1. Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat
2. Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah
di
Tempat

Sebagai tindak lanjut surat Menteri PAN-RB kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Daerah Nomor :B-2550/M.PAN-RB/06/2014 tanggal 20 Juni 2014 perihal tambahan alokasi formasi ASN, perlu kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Pelaksanaan seleksi formasi ASN tahun 2014 wajib menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT); 
  2. Terkait dengan angka 1, kami menyarankan Kepala BKD Pemerintah Kabupaten dan Kota mulai berkoordinasi dengan KANREG BKN atau LPMP Kemendikbud yang ada di Provinsi dalam rangka persiapan pelaksanaan seleksi CPNS di Pemerintah Kabupaten dan Kota; 
  3. Pendaftaran seleksi formasi ASN tahun 2014 harus menggunakan aplikasi pendaftaran CPNS secara online yang dimiliki BKN (sscn.bkn.go.id). 
  4. Dalam rangka persiapan pelaksanaan pendaftaran seleksi formasi ASN tahun 2014 secara online (terintegrasi), harap Saudara segera mengirimkan persyaratan pendaftaran CPNS secara detail di instansi Saudara untuk selanjutnya akan dipublikasikan melalui website portal pendaftaran seleksi formasi ASN secara Nasional (http://panselnas.menpan.go.id). Persyaratan pendaftaran tersebut harap disampaikan segera ke alamat email : evalap.sdmaparatur@menpan.go.id atau evalap.sdmaparatur@gmail.com dalam bentuk soft copy dengan format word. 
Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

A.n Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Sekretaris Kementerian PAN-RB,
ttd
Tasdik Kinanto

Tembusan :
1. Menteri PAN-RB;
2. Kepala Badan Kepegawaian Negara.


Latar belakang diberlakukannya sistem satu pintu ini karena banyaknya formasi yang kosong untuk penerimaan CPNS formasi tahun 2013. Dalam sistem ini pelamar CPNS 2014 cukup menginput NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama lengkap, tanggal lahir, tempat lahir dan alamat email serta Instansi dari Formasi yang diminati.

Selanjutnya pelamar akan mendapatkan konfirmasi berupa username dan password untuk membuka portal pendaftaran online melalui SSCN BKN atau dengan portal dari masing-masing instansi melalui email.

Selengkapnya dapat dilihat pada diagram alur pendaftaran dibawah ini:


Seperti yang dijelaskan dalam surat Menpan di atas, situs resmi nasional untuk pendaftaran seleksi formasi ASN dapat dibuka di  http://panselnas.menpan.go.id. Situs tersebut belum aktif, namun versi demo dapat dilihat di:

http://panselnas.menpan.go.id/demo/

Titik Kritis

Kekhawatiran terbesar penggunaan sistem satu pintu ini adalah gagalnya pendaftar mengikuti tahap selanjutnya dikarenakan karena persyaratan adminsitrasi yang kurang atau tidak sesuai. Jika gugur pada tahap seleksi administrasi, otomatis pelamar kehilangan kesempatan untuk bersaing menjadi CPNS karena pelamar hanya diperbolehkan melamar 1 (satu) instansi. Sangat disarankan bagi pendaftar CPNS agar membaca secara lengkap semua petunjuk dan persyaratan instansi yang dilamar sebelum mengirimkan atau submit pendaftaran.

Panselnas sebaiknya membuat kebijakan yang mengharuskan bagi instansi untuk memberikan waktu bagi pendaftar CPNS untuk memenuhi kekurangan persyaratan administrasi atau setidaknya menginformasikan secara jelas kepada pelamar syarat atau dokumen apa yang kurang sehingga tidak lolos seleksi administrasi.

*****
Update 4/8/14 

Jadwal Pengadaan CPNS 2014



Sumber

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Teknis Pendaftaran Satu Pintu CPNS 2014"

  1. Setuju dengan kesimpulan admin, terutama pd persyaratan adminstrasi apakah dengan diberlakukanya sistem satu pintu ini akan mengakomodir semua jenjang pendidikan.Berdasarkan pengalaman 2013 Formasi CPNS Pusat dibeberapa instansi pada portalnya tidak memberikan pilihan pendidikan Pendaftar dari D4 dan hanya S1 saja. berbeda dengan di instansi daerah yg masih memberikan kesempatan dengan asumsi D4/S1 Setara.

    ReplyDelete
  2. Pak Admin, pada beberapa instansi ada persyaratan dimana jumlah peserta tes nya sebanyak sekian X kali jumlah lowongan berdasarkan IPK tertinggi, sedangkan pada satu instansi ada beberapa formasi yang bisa diisi oleh satu kualifikasi pendidikan. Bagaimana mekanisme dalam penentuan peserta tes TKD pada satu instansi untuk satu kualifikasi pendidikan dgn tiga formasi? Apakah berlaku pengurutan berdasarkan formasi yang diambil oleh 1 kualifikasi pendidikan? Misal, si A dgn IPK 3,2 memilih formasi dengan urutan formasi F1, F2, F3. B dgn IPK 3,1 memilih formasi F2, F3, F1. C dgn IPK 3.05 memilih formasi F3, F1, F2. D dgn IPK 3.05 memilih formasi F1, F2, F3. Apakah si A atau B yang berada pada urutan pertama peserta tes pada formasi F2? Apakah C yang berada pada urutan tertinggi pada formasi F3? Apakah si D yang berada pada posisi urutan kedua setelah A daripada si B dan C pada formasi F1? Mohon informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal ini sangat tergantung dengan kebijakan instansi tersebut, menurut saya sortir akan berdasarkan pilihan pertama saja dikarenakan instansi akan membutuhkan source yang lebih untuk menyortir lagi berdasarkan lebih dari 1 kriteria (IPKdan pilihan). Apalagi diperkirakan pendaftar CPNS ini sangat banyak artinya untuk memeriksa kelengkapan administrasi saja sdh menyita waktu.

      Delete