Langkah-langkah Pendaftaran Online CPNS 2014


Proses penerimaan CPNS tahun 2014 ini harus terlebih dahulu mendaftar secara online melalui portal panselnas.menpan.go.id untuk mendapatkan username dan password yang digunakan untuk LOGIN pada portal instansi yang dilamar.

Pendaftar harus TELITI dan mencermati setiap keterangan/instruksi/pemberitahuan/peringatan yang muncul di halaman-halaman pendaftaran. Karena calon peserta hanya dapat mendaftar 1 (satu) kali di portal ini dan kesempatannya juga hanya sekali saja untuk mengikuti test di salah satu instansi yang dipilih. Panduan atau langkah-langkah dapat dibaca pada alur pendaftaran di website nasional.

Untuk mempermudah bagi pendaftar CPNS berikut penulis uraikan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan pendaftaran online.

1. Pastikan calon pendaftar mendapat informasi tentang formasi jabatan yang tersedia beserta persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan, caranya:



Klik menu Formasi CPNS 2014, layar akan menampilkan daftar K/L membuka lowongan CPNS seperti ditunjukkan dalam gambar di atas. Cermati semua formasi yang cocok dengan kualifikasi pendidikan, untuk mengetahui persyaratan ikuti langkah kedua.

2. Pelajari persyaratan-persyaratan



Lihat tulisan yang dilingkari, pada menu “Alur Pendaftaran” dibagian bawah terdapat alamat portal instansi untuk melihat persyarratan yang ditetapkan masing-masing instansi. Pada contoh di atas daftarnya hanya satu instansi, namun nantinya daftar akan bertambah.

Cermati semua persyaratan umum maupun khusus seperti umur,kualifikasi pendidikan, IPK, akreditasi, atau apakah ada syarat TOEFL dan lain-lain. Cara lainnya bisa langsung mengunjungi portal masing-masing instansi untuk mengetahui informasi dan keterangan lebih lengkap.

Jika sudah ada instansi yang cocok dan formasinya memenuhi kualifikasi daftarkan diri ke panselnas (langkah ketiga)

3. Mendaftar di panselnas.menpan.go.id



Pada menu Formasi CPNS 2014, klik pada daftar instansi pilihan (bisa K/L atau Pemda) yang akan memunculkan menu formasi instansi pilihan sebagai berikut:



Lihat lingkaran merah, cari bagian bawah kanan yang ada menu Formulir Registrasi kemudian klik, selanjutnya akan menampilkan menu utama yang WAJIB di isi seperti dibawah ini:

Pada langkah ini pendaftar harus mengisi secara cermat dan teliti semua fill seperti keterangan di atas (NIK, nama, email, instansi, tgl lahir, email dan instansi dari formasi yang dipilih. Jika sudah benar-benar yakin pendaftar bisa melakukan submit. Selanjutnya cek email untuk mengetahui username dan password yang akan digunakan untuk login ke sscn.bkn.go.id.

Pelamar login ke www.sscn.bkn.go.id dan melakukan pengisian biodata dan memilih jabatan yang dilamar lalu mencetak kartu registrasi.

Pelamar menyiapkan dan mengirimkan berkas sesuai persyaratan pendaftaran instansi dan wajib menyertakan kartu registrasi SSCN atau tanda bukti pendaftaran CPNS 2014.


4. Login atau kirim berkas lamaran pada Instansi

Proses selanjutnya tergantung ketentuan dari instansi yang dilamar apakah menggunakan pendaftaran berbasis online atau secara manual via pos (kirim berkas lamaran).

a. Login

Ini berlaku bagi instansi yang menerapkan pendaftaran berbasis online. Buka portal instansi yang dilamar, pada tahap ini lakukan LOGIN dengan menggunakan kode akses (username dan password) yang telah didapatkan dari portal nasional. Setelah berhasil LOGIN maka lengkapi data dengan mengisi formulir yang telah disediakan dan memilih jabatan yang diminati (MAKSIMAL 3 Jabatan berdasarkan prioritas) sesuai dengan kualifikasi pendidikan. Pastikan lowongan formasi beserta uraian jabatannya telah di baca.

Jika data telah lengkap, silahkan tunggu informasi selanjutnya, setelah selesai melengkapi data maka pendaftar akan mendapat informasi melalui email bahwa pendaftar berhasil melakukan pendaftaran CPNS.

b. Kirim lamaran manual atau via pos

Pertama-tama pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh (download) dan mencetak kartu/Formulir pendaftaran.kemudian dikirimkan bersama berkas lamaran yang dipersyaratkan ke alamat pendaftaran, bisa juga langsung diantar tergantung ketentuan instansinya.  Biasanya pada stopmap atau berkas lamaran ditulis/dicantumkan dengan format seperti ini:


Berkas lamaran Pelamar akan diseleksi oleh Pantia Penerimaan CPNS 2014. Peserta yang dinyatakan Memenuhi Syarat seleksi administrasi berhak mengambil Kartu Tanda Peserta; Kartu Tanda Peserta dapat diambil sesuai jadwal yang akan ditentukan kemudian di Pemda atau BKD setempat dan wajib dibawa pada saat mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT) yang jadwalnya akan ditentukan kemudian.

Catatan penulis:
Masih belum jelas bagi instansi yang menerapkan pendaftaran berbasis online, setelah pelamar mendapatkan username dan password dari panselnas.menpan,go.id apakah harus login melalui sscn.bkn.go.id terlebih dahulu atau bisa langsung login ke portal instansi.

Sebagai contoh LKPP dalam situsnya dijelaskan dalam alur pendaftaran  bahwa username dan password dari  panselnas.menpan,go.id digunakan untuk login di portal rekrutmen CPNS LKPP.
Selain itu diagram alur pendaftaran panselnas di atas alurnya setelah mengirimkan form --> konfirmasi pendaftaran melalui email --> menuju portal instansi. Tunggu perkembangan selanjutnya.

Video panduan mendaftar CPNS 2014 @panselnas



Solusi bagi NIK yang bermasalah di registrasi


FAQ

A. Formasi
1.  Mengapa formasi pada beberapa instansi baik pusat maupun daerah belum dapat diklik/dilihat pada portal panselnas?
-      Formasi belum dapat diklik/dilihat karena masih dalam proses validasi dan verifikasi dari tim panselnas sehingga belum dapat dipublikasikan. Jika proses validasi dan verifikasi telah selesai, formasi akan langsung diinput ke dalam sistem dan pelamar dapat langsung melihatnya.
2. Apakah ada formasi untuk SMA atau SMK?
-  Formasi untuk SMA atau SMK memang tersedia namun hanya instansi tertentu saja, silahkan menggunakan mode “cari” yang terdapat dalam halaman Formasi CPNS 2014.
3. Apakah yang dimaksud dengan ‘kualifikasi pendidikan S.1 semua jurusan’?
-      Jabatan dengan kualifikasi pendidikan S1 semua jurusan berarti untuk jabatan tersebut dapat dilamar oleh  semua jurusan dari jenjang pendidikan S1.
B. Pendaftaran
1.  Bagaimana cara melakukan pendaftaran CPNS online?
-      Silahkan masuk ke panselnas.menpan.go.id        Formasi CPNS 2014        pilih instansi yang dituju     isi Formulir Registrasi/ www.regpanselnas.menpan.go.id (ada di paling bawah dari halaman instansi)          klik submit. Setelah itu, pelamar akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi username dan password yang bisa digunakan untuk registrasi ke instansi yang dituju.
-      Pengisian username dan password pada instansi yang dituju dapat dilakukan minimal 1x24 jam  setelah pengisian formulir registrasi.
2. Bagaimana jika pelamar tidak menerima email konfirmasi setelah melakukan pengisian formulir registrasi?
-      Pelamar yang belum menerima email konfirmasi dapat langsung login ke instansi yang dituju minimal 1X24 jam setelah pengisian formulir registrasi.
-      Login ke instansi yang dituju menggunakan username yakni “NIK” dan password yang sama seperti saat pelamar melakukan input saat pengisian formulir registrasi. (2)*
-      Email akan tetap dikirimkan, pelamar dimohon untuk bersabar. Jika email notifikasi dari Panselnas tidak terkirim pelamar dapat menggunakan cara seperti pada langkah poin kedua di atas.*
3. Apakah pendaftaran harus menggunakan e-KTP?
-   Pelamar dapat menggunakan KTP atau e-KTP yang berlaku, yang terpenting mereka memiliki NIK.
4. Bagaimana jika saat pelamar mengisi data diri di registrasi panselnas tertulis NIK telah terpakai?
-      Pelamar dapat mengirimkan email kepada tim panselnas dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK. Di dalam email tersebut mohon dicantumkan identitas pelamar yang terdapat dalam KTP, kemudian dilampirkan pula scan KTP dan scan ijazah/akta kelahiran. Tim panselnas akan segera menindaklanjuti permasalahan tersebut.
5. Bagaimana jika saat pelamar melakukan registrasi di portal sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi tertulis username tidak ditemukan?
-      Untuk dapat login ke portal sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi, pelamar harus menunggu setidaknya 1x24 jam setelah registrasi di portal panselnas. Jika setelah 1x24 jam masih tidak dapat login, maka silahkan mengirimkan email dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK, serta mengisikan kembali data sesuai dengan arahan pada running text portal Panselnas.
6. Mengapa saat melakukan registrasi di portal pansenas tidak ada pilihan instansi yang dituju dalam daftar?
-      Jika saat pengisian formulir registrasi, pelamar tidak menemukan instansi yang dituju berarti instansi tersebut belum membuka pendaftaran (masih dalam proses). Silahkan selalu melakukan pengecekan pada status dan jadwal di portal panselnas.
7. Kapan dan berapa lama instansi membuka pendaftaran?
-      Untuk mengetahui jadwal pendaftaran, pelamar dapat melihat menu status dan jadwal. Pendaftaran pada sebuah instansi akan dibuka selama 14 hari terhitung mulai tanggal dibuka di portal panselnas.
8. Bagaimana jika pelamar salah melakukan input data saat melakukan registrasi di portal panselnas?
-      Data yang telah diinput tidak dapat diubah kembali, untuk itu peserta harus super hati-hati dalam pengisian data.
9. Apakah pelamar dapat membatalkan registrasi pada portal panselnas?
-      Pelamar tidak dapat membatalkan registrasi pada portal panselnas.
C. Pelaksanaan
1. Jika lokasi pelamar berada di daerah, apakah tes harus dilakukan di Jakarta?
-      Untuk pelamar dari daerah yang ingin mendaftar di instansi pusat yang tidak memiki kantor wilayah, tes tidak harus dilakukan di Jakarta. Pelamar dapat melakukan tes di Provinsi di bawah koordinasi Regional BKD.
2. Apakah dapat menggunakan SKL jika pelamar belum memiliki ijazah?
-      Pelamar tidak diperkenankan menggunakan SKL ketika melakukan pendaftaran.
3. Berapa skor TOEFL yang disyaratkan untuk melakukan pendaftaran?
-      Standar skor TOEFL ditetapkan oleh masing-masing instansi.
4. Apa saja materi yang diteskan dalam tes TKD menggunakan CAT?
-  Materi dalam CAT terbagi menjadi tiga yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP). Soal dalam tes CAT sebanyak 100 soal yang harus dikerjakan dalam 90 menit. Hasil dari tes CAT dapat langsung diketahui peserta setelah tes selesai.
-  Disamping tes TKD, instansi dapat melaksanakan tes TKB berdasarkan kebutuhan jabatan dan organisasi.


Subscribe to receive free email updates:

197 Responses to "Langkah-langkah Pendaftaran Online CPNS 2014 "

  1. pak. kenapa setelah saya akses https://panselnas.menpan.go.id/orm/ yang keluar tulisan "Pendaftaran Belum Dibuka"

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendaftaran memang belum dibuka, per 22/08/14 jam 05.WIB

      Delete
    2. saya juga sampe sekarang belum bisa daftar Kemenkeu,saat klik "Formulir Registrasi" selanjutnya malah keterangan "Pendaftaran belum dibuka".
      Mohon pencerahannya min... :(

      Delete
    3. daftar di regpanselnas.menpan.go.id

      Delete
  2. sampai skr saya akses https://panselnas.menpan.go.id/orm/ yang keluar tulisan "Pendaftaran Belum Dibuka"..apa mmg blum buka..??mohon infox yah..terima kasih..

    ReplyDelete
  3. duh... birokrat-birokrat...!!! mereka yang bikin jadwal... mereka juga yang ngga patuh sama jadwal... -___-

    ReplyDelete
  4. kenapa formulir registrasi pada pilihan instansi untuk BNN tidak ada? mohon penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini (24 agustus 2014) instansi yg siap daftar: Kemenkeu, BIG, Bakorkamla, dan LKPP, sumber @panselnas. Follow akun tersebut untuk info yg update.

      Delete
  5. Mohon bantuan
    kenapa saya sudah dapat register dari panselnas.menpan.go.id dan dapat user dan password, tp ketika login di sscn.bkn.go.id kok tidak bisa masuk ya.,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke portal pendaftaran instansi yang dituju, dari perkembangan terakhir nampaknya sscn.bkn.go.id digunakan instansi yg tidak punya portal pendaftaran sendiri seperti pemda.

      Delete
    2. timeline dari @BKN_RI

      Bagi yang tidak bisa login ke SSCN, kami pastikan bahwa instansi yang ingin dilamar belum lakukan entry formasi.

      Delete
  6. pak saya mau tanya saya sudah dpt kartu bukti pendaftara tp kenapa lokasi ujian kosong yah?apa itu harus di kirim dulu melalui pos?atau gmn mohon info

    ReplyDelete
  7. Saya sudah dapat email dari panselnas,tapi masih bingung untuk selanjutnya apakah harus daftar ke http://rekrutmen.kemenkeu.go.id atau ke http://sscn.bkd.go.id?sedangkan di kemenkeu ada informasi bahwa proses rekrutmen di laksanakan di 5 kota (tidak termasuk kota saya wilayah kalsel).untuk daftar ke sscn pun terus gagal login...
    mohon info...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kemenkeu, setelah dari panselnas langsung ke portal http://rekrutmen.kemenkeu.go.id masuk ke menu Pendaftaran - Login Pendaftaran CPNS. Soal lokasi ujian mungkin menunggu verifikasi persyaratan dari Kemenkeu dulu. Pantau terus webnya utk mengetahui info selanjutnya

      Delete
  8. Om Admin, dari gambar form pendaftaran sscn dan print out diatas hanya menyebutkan satu isian formasi saja, tidak tiga formasi. Apakah isian tiga formasi tersebut tidak muncul pada form pendaftaran?

    ReplyDelete
  9. Om saya sudah dapat akun dari email panselnas.. tapi saya pake login d portal kmntriannya ga bsa.. knpa ya?

    ReplyDelete
  10. Lokasi test kok ga ada pilihan kota nya ya?? Yg ada cuma tulisan "default" aja... apa kita ga bisa pilih lokasi tes??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari admin FB BKN (coba searching), lokasi yang defaullt sudah settingan dari instansinya

      Delete
  11. Om Admin, untuk menempel foto di form Kartu/tanda bukti pendaftaran CPNS kok yg pas untuk ukuran 3x4 ! kl ukuran 4x6 yg ditempel, akan menutupi barcode no.registrasi. apa ttp yg ditempel 4x6 sesuai persyaratan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sama pertanyaannya sama saya,Tolong penjelasannya mind?

      Delete
    2. Sesuaikan dg syarat yg sudah ditentukan (4x6), kesalahan bukan pada peserta. Kalau bisa tampilkan sedikit barcodenya.

      Delete
    3. jadi tetap harus ditempel fotonya ya..kalau nggak ditempel (dibiarkan kosong) itu bagaimana ?

      Delete
    4. pnya saya No.barcode nya ketutup sama foto, dan sertifikat akreditasi yang dipengumuman adalah akreditasi PTS, sedangkan saya terlanjur menggunakan akreditasi prodi dan smuanya itu sudah saya kirim lwat pos hari sabtu kmarin, apakah sertifikat akreditasi prodi sama dengan PTS, trus gmana dngan no.barcodenya yg ketutup foto, saya benar-benar bingung apakah saya lolos pemberkasan atau tidak?

      Delete
  12. om admin saya mau tanya...
    kalo daftar basarnas harus login di sscn bkn dulu ?
    tapi saya sudah dapat username sama password koq ngga bisa login... ?
    mohon penjelasan.a .....makasih
    from handy

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca teliti persyaratannya apakah hrs melalui portal sendiri atau lewat sscn. Kalau ke sscn tunggu 1x24 jam. pnaselnas butuh waktu untuk menyinkronkan data dg sscn.bkn

      Delete
    2. saya sudah hamir 2x24jam ttep aja gabisa kebuka

      Delete
  13. pak mau nanya, kalau sudah dapat user dan password yang dikirim by email dari panselnas, tetapi tidak berhasil login di sscn.bkn tapi berhasil daftar di website instansi yang dipilih, tetapi tidak ada kartu pendaftaran yang katanya harus dicetak? itu bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. persyaratan yg dikirim lewat online (upload) atau kirim via pos, kalau lewat online biasanya menunggu verifikasi persyaratan daulu. Teliti lagi syarat dan langkah2 pendaftarannya,lebih jelasnya konfirmasi ke instansoi tsb, biasanya ada email atau telp yg bisa dihubungi

      Delete
  14. wajar mreka maw dapet lulusan yang berkualitas, mreka kerjanya kacau balau gini, jadwal ga jelas, tempat ujian ga jelas, yakin lulusannya jg ga jelas murni atau ...

    ReplyDelete
  15. saya sudah daftar.. dan dapat konfirmasi melalui email sudah tertera username dan passwordnya . tapi pas login di situs sccn.bkn. kok tidak bisa ya... bilangnya username belum terdaftar. padahalkan sudah dapat kiriman. mohon petunjukknya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu 1 x 24 jam. Panselnas akan sinkronkan data terlebih dahulu dg sscn.bkn

      Delete
  16. yuni
    dear admin,saya sudah daftar online diportal panselnas dan registrasi berhasil pada 27/8,permasalahannya saya sampai sore ini belum mendapat email konfirmasi untuk username + password agar dpt login ke portal sscn.Mohon petunjuknya dan trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan alamat email valid, jika benar coba adukan ke link ini https://panselnas.menpan.go.id/index.php/2-uncategorised/429-pengaduan

      Delete
  17. admin kenapa ketika saya masuk ke sscn.bkn untuk cetak bukti pendaftaran gak bisa ya??belum bisa di akses atau bagaiman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti di atas tunggu 1 x 24 jam

      Delete
    2. kemarin malam 09 September saya sudah isi data dan submit data sudah sukses. yang mau saya tanyakan bagaimana cara mencetak kartu pendaftarnnya?mohon penjelasannya .thanks

      Delete
  18. mas agus knapa ya saya tidak bisa login ke portal sscn.bkn.go.id dengan username dan password dari portal registrasi panselnas
    minta tolong dipublish syarat cpns kemenkumham
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mbak wulan
      sekarang sdh bisa login belum, kalau belum hubungi instansi yg dilamar

      Delete
  19. Mas, mau tanya..
    saya udah daftar di sscn, udah bisa cetak nomor..
    tapi kartunya pas di download kok gak bisa dibuka ya ?
    jadinya gak bisa di print,
    apanya yang salah ?
    Terima kasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga... Udah di download tpi gak bisa dibuka...

      Delete
    2. Coba buka lwt browser firefox atw google chrome di personal computer atw di laptop... Soalnya attachmentny bukan brupa file yg bisa didownload biasa, tapi di'save' wkt tampilan pdf nya sudah keluar...

      Delete
    3. kalau sudah di submit tapi kartu bukti pendaftaran tidak muncul gimana ya?apakah masih bisa ngisi formulir kembali???

      Delete
  20. pak saya sudah mendapat kartu tanda bukti lalu selanjutnya bagaimana?
    instansi yang saya pilih kelautan dan perikanan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca dg teliti di persyaratan CPNS KKP, kirim bersama berkas lamaran:

      Tim Pelaksana Pengadaan CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan akan melakukan verifikasi dan validasi hanya terhadap berkas lamaran yang dikirimkan melalui Kotak Pos 4130 JKP 10041, dan pengambilan terakhir di kantor Pos Besar Jakarta pada tanggal 9 September 2014 pukul 16.00 WIB;

      Delete
  21. Admin,saya sudah terima passwordnya dan usernamenya,tetapi kenapa pas akan login username tidak ditemukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. instansinya apa dulu, kalau tdk menyediakan portal tersendiri berarti harus login di sscn.bkn

      Delete
  22. admin,saya sudah mendapatkan username dan pasword dari panselnas tp sdah saya tunggu 2X24 jam tetap balasannya untuk login username dan pasword tidak terdaftar,,,ini gimana????

    ReplyDelete
    Replies
    1. pedomannnya begini:
      * Jika bermasalah di portal panselnas misalnya blm menerima username atau password hubungi panitia panselnas
      ** Jika bermasalah di sscn.bkn atau portal instansi (mis: tdk bisa login meski sdh ada username/password) hubungi panitia instansi yg dilamar

      Delete
  23. pak, saya melamar di instansi lembaga non pemerintah (BNN), kemana saya harus mengirim data verifikasi saya? ke BKN atau BNN?
    selanjutmya, apakah berkas tersebut dikirim via pos atau harus diantar? karena saya berada di sumbar. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sma nih gan.bingung mau kirim verifikasi nya kmna
      mohon pencerahan nya

      Delete
    2. teman' yang daftar di BNN apakah kotak isian lokasi tes sudah bisa diisi, kalau saya knapa 'default' terus ya....

      Delete
    3. @all
      baca dg teliti di persyaratan:
      * Pendaftaran melalui panselnas dan sscn.bkn
      **Tahapan proses seleksi
      a. Seleksi administrasi dilaksanakan setelah pendaftaran selesai
      b. Seleksi TKD waktu dan tempat diinformasikan kemudian

      Berarti stlh submit di panselnas, login ke sscn. Verifikasi persyaratan akan dilakukan setelah semua pendaftaran masuk (selesai) utk menentukan kelolosan administrasi. Teknis selanjutnya akan diinformasikan kemudian berarti pelamar harus rajin memantau web BNN atau email. Lokasi memang default (sdh dijelaskan admin dari BKN)

      Delete
    4. ooh ia kk agus, jadi bukti pendaftaran tidak perlu dikirim lagi yah ? Tinggal memantau web BNN atau email yah nanti.

      Delete
    5. di BNP2TKI lokasi test nya juga default, tlg dibantu ya ..

      Delete
    6. Berkas Kelengkapan dikirim melalui surat tercatat /kilat khusus berstempel pos kepada :
      Panitia Pengadaan CPNS BNN Tahun 2014 Gedung BNN Jl. MT. Haryono No. 11 Cawang Jakarta Timur Kode Pos 13630, selambat-lambatnya berkas dikirim pada tanggal 9 September 2014 cap pos.

      Lihat: http://cpnsbersih.blogspot.com/2014/09/pengumuman-cpns-bnn-2014.html

      Delete
    7. aq juga daftar di BNN sudah kirim berkas semoga lulus administrasi amin.. share formasi dan penempatan yuk? aq formasi d3 komputer penempatan Kota Singkawang

      Delete
  24. Pak saya mau dafta kemenkeu tp takut umur saya sudah lewat, dan nanti ga bisa daftar lagi, pada persayaratan kemenkue kan ada tulisan Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 24 Agustus 2014 dan maksimal 28 tahun untuk Sarjana , sedangkan saya 28 tahun per 29 April,jadi yg ingin saya tanyakan
    Apakah saya masih bisa mendaftar di kemenkeu ? terima kasih sebelumnya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa, sistem di portal kemenkeu akan otomatis menolak yang melebihi umur. Dan jangan coba-coba mendaftar dg pilihan Kemenkeu, pilih K/L lain. Karena jika sdh mendaftar di panselnas otomatis tdk bisa lagi ke K/L lain.

      Delete
  25. gan saya pas mengisi formulir pendaftaran kok pas klik kirim gak bisa kenapa? apa karena hari libur atau gimana tolong wejangannya

    ReplyDelete
  26. Maaf Admin, saya masih bingung dgn kualifikasi pendidikan. Saya S-1 dan saya jg punya ijazah d-3 dan SMA. kira2 jd saya boleh daftar di semua tingkat atau hanya s-1 saja, d-3 saja atau SMA saja atau bisa di ketiganya sepanjang kualifikasi yg diminta mmg ada???? mohon pencerahannya yah Admin, sblmnya Terimakasih yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya boleh salah satu saja sesuai kualifikasi yg dipilih termasuk pilihan 3 formasi hrs sesuai dg kualifikasi pendidikan.

      Delete
  27. Saya mau tanya, jadi ceritanya saya kira sma itu sm aja kyk smk. Makanya saya pilih di instansi Kementrian Keuangan (dibuka sampai 7 sept), ternyata berbeda ya. Oleh sebab itu saya tdk melanjutkan pendaftarannya.
    Lalu saya lihat2 mpr (dibuka sampai 11sept), ternyata membuka lowongan SLTA. Apakah saya saya bs mendaftar kembali di tgl 8nya?
    Mohon pencerahannya..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. NIK sudah masuk didaftarkan ke portal Panselnas belum. kalau sudah mendaftar dg pilihan Kemenkeu berarti sdh tidak bisa lagi..

      Delete
  28. min mohon dijawab yah ? saya udah daftar di bakorkamla terus sudah registrasi dan upload berkas tapi gimana biar saya bisa cetak tanda buktinya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di webnya sudah jelas: Informasi Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi akan di beritahukan melalui email dan cek profil anda.

      Panitia akan verifikasi data pelamar terlebih dahulu, kalau lolos administrasi kelanjutannya akan dikasih tahu termasuk soal teknisnya. Berdoa saja spy lolos administrasi.

      Delete
    2. Amin yaa rabb.. iya Pak Agus bantu do'anya juga yah... oya pak mau tanya lagi. apa ga semua bisa masuk ke sscn ? saya kan daftar di bakorkamla tapi nyoba login di sscn ga prnh berhasil. tp login di bakorkamlanya bs masuk. itu kira2 saya salah ga ? udah kedaftar resmi belum walaupun ga bs login ke sscn ? mohon penjelasannya... Terimakasih

      Delete
  29. mohon bantuannya...
    saya daftar di kota tarakan..saya sudah isi form pendaftaran di sscn.bkn dan mengklik "daftar" tapi setelah itu tidak muncul "cetak" untuk mencetak kartu registrasi onlinenya, yang ada hanya tulisan "klik sscn.bkn untuk kembali"... apakah data saya sudah tersimpan? dan apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan kartu registrasinya?? terima kasih....

    ReplyDelete
  30. mohon bantuannya..
    sya mw nnya,kk sya sdh daftar lwt regpanselnas trs formulir itu d isis lengkap tpi instansinya di stu hanya tertera kota surabaya aja sdgkan formasinya tdk muncul itu bgaimana ya..apa kk sya bs dafatr kembali atau bgaimana...terima kasih

    ReplyDelete
  31. saya sudah tunggu 1x24 jam untuk cetak bukti pendaftaran tapi kenapa belum bisa juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. MBAK ARNI TRUS AKHIRNYA GIMANA? UDAH DAPAT NYETAK BELUM? ITU SAMA DENGAN SAYA KASUS NYA, MOHON BANTUAN NYA,

      Delete
  32. ass.wr, wb.. pak agus .. untuk Verifksi berkas untuk intansi non kementrian (BNN ) melalui via pos atau datang lansung.. mohon bantua informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. BNN verifikasi stlh semua pendaftar masuk (selesai), pantau web atau email

      Delete
  33. sy mau tx apakh formasi jabatan yg dpilih hrs berbeda antara 1,2,3?pilihan 1 & 2 sy sama tp koq tdk berhasil dftr yah?mohon bantuanx

    ReplyDelete
  34. Pak admin saya mau tanya..
    saya sudah berhasil daftar di panselnas, dan sudah dapat password dan user namenya.
    tapi ada salah sedikit di penulisan nama lengkapnya, ada singkatan nama yg ketinggalan.
    apa yg bisa saya lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kasus kita bro
      trus mesti gmana itu y

      Delete
  35. maaf admin
    ketika saya melakukan pendaftaran ada sedikit kesalahan pada email yang saya berikan (hajianoano@gmail.com) seharusnya email saya (hanjianoano@gmail.com) mohon bantuannya admin...

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu2nya jalan coba hubungi panselnas, krn salah email berarti tdk bisa terima username/password

      Delete
    2. terima kasih sebelumnya pak...nanti saya akan coba hubungi panselnas

      Delete
  36. mohon penjelasanya admin...
    saya daftar di BNN..ketika daftar kotak isian LOKASI TES kenapa DEFAULT terus ya.,..apa saya harus menunggu atau bisa saya abaikan dan langsung cetak.suksma

    ReplyDelete
  37. pada BNN kok untuk isian Formasi Jabatan yang dilamar kok tidak bisa dipilih/diinput isian, kenapa ya? mohon penceahan

    ReplyDelete
  38. Saya sudah daftar dan upload berkas sejak tgal 27 agustus, sampai sekarang belum bisa cetak bukti pendaftaran, mohon penjelasan admin.

    ReplyDelete
  39. Saya sudah daftar dan upload berkas sejak tgal 27 agustus, sampai sekarang belum bisa cetak bukti pendaftaran, mohon penjelasan admin.

    ReplyDelete
  40. mohon bantuannya...
    sya sejak tgl 30 sore kk sya dsh daftar tp smpai skrang blm dpt blsan d email tu gmn ya pdhlkan ktanya d tggu 1x24 jam tp smpe skrg blm dpt user name n password. tlg d jwb prtnyaan sya??terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masukkan username dan password disamakan saat mengisi di regpanselnas

      Delete
    2. benar...coba langsung saja login ke sscn.bkn

      Delete
    3. sya sdh nyba username n password ssuai sya dftar tp mncul user tdk d temukan itu gmn ya???

      Delete
  41. maaf pak admin sya tnya kog ga d jwb ya,sdgkan yg laen tnya d jwb....

    ReplyDelete
  42. Pak admin,saya mau tanyak.
    ketika saya sudah berhasil login k sscn.bkn.go.id dan sudah mengisi semua biodata dan setelah klik daftar.tidak muncul pilihan untuk mencetak kartu registrasi,bagaimana ini y pak?saya bingung..
    mohon jawaban anda, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. update flash atau browser terbaru, coba pakai chrome

      Delete
    2. pak admin sy juga punya mslah yag sama, tidak muncul pilihan untuk mencetak kartu registrasi, sy sdh cb pke chome, tp tdk ada. itu gmn ya? bingung sangat....
      dan untuk mendapatkan tolong langkah2nya bgmn dibuka dimana untuk mendapatkannya.
      mohon jawaban anda trimakasih

      Delete
  43. pak saya sudah mendapat kartu tanda bukti lalu selanjutnya bagaimana?
    instansi yang saya pilih kementrian kehutanan
    ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah login dan upload berkas di portal Kemenhut belum. Kalau sudah tinggal menunggu verifikasi dari panitia Kemenhhut utk mendapatkan kartu peserta tes.

      Delete
  44. Admin. Kok sy blm dapat email dari panselnas padahal pendaftaran awal dah berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan ini di ane...kalo gak ada di kotak masuk..coba cek di spam..ane di spam masuknya..

      Delete
    2. atau coba saja langsung login kesscn.bkn memakai NIK dan username seperti pas daftar di panselnas. Beberapa kasus bisa login tanpa ada konfirmasi email sebelumnya.

      Delete
  45. mau tanya saya kan udah daftar di https://regpanselnas.menpan.go.id/ dan berhasil dan ada balasan username dan password setelah itu saya log in di situs http://sscn.bkn.go.id/ dan bisa log in , yang mau saya tanya ialah bagaimana cara mencetak atau mengeprint kartu tanda bukti regrestrasi di situs sscn.bkn kok tidak ada ya ?
    mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulangi terus, coba clear cache dan cookie atau ganti browser

      Delete
  46. Permisi kang Agus...
    saya mau tanya, saya udah bisa masuk ke sscn.bkn.go dot id...tapi menu utama yang ada cuma tiga yaitu Informasi Umum, Pengumuman Instansi, Petunjuk Pendaftaran,.itu menu untuk daftarnya dimana kang..?
    Apa ada keselip didalam 3 menu utama itu..?
    Apa musti tunggu 1x24 jam baru muncul menu pendaftarannya ?
    terima kasih sebelumnya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Login dulu om, itu di pojok atas
      ntar baru keliahatan menunya

      Delete
    2. aku juga mengalami masalah yang sama,,,pas aku sudah login terus aku klik daftar d pojok atas kok di pengisian formulirnya terisi nama orang lain semua dan tdk bisa terhapus,,tolong solusinya mas ????/

      Delete
    3. kasus sama gimana akhirnya masbro? bisa share solusinya gimana??? sudah login dan log out berulang kali masi sama..

      Delete
  47. Pak sy dftr d BNN .lokasi tesny kq default trs? Apa tdk masalah klo sy lngsung cetak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokasi berdasarkan pilihan penempatan,
      http://cpnsbersih.blogspot.com/2014/09/pengumuman-cpns-bnn-2014.html

      Delete
  48. mohon tanya pak...
    data yang sudah di entry di sscn bkn itu...msih bisa di perbaiki tidak..??saya sdah print pndftrannya..saya cek kok nomor ijazah saya salah...
    mohon pencerahannya pak..

    ReplyDelete
  49. saya udah ndaftar d panselnas tp belum dpt email balasan,,,mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  50. tanya pak, untuk akreditasi itu maksudnya kampusnya atau prodinya?? dan yang di pake daftar itu akreditasi pd saat saya lulus dulu,,, ataukah akreditasi yang terbaru saat ini? mhon pencerahannya...

    ReplyDelete
  51. MOHON BANTUAN NYA MIN SAYA SUDAH DAFTAR DAN SI FORMULIR LENGKAP TAPI SAYA GA BSA RINT BAGAIMANA MIN APAKAH SAYA HARUS DAFTAR LAGI??? AGAR BSA PRINT BUKTI PENDAFTARANNYA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga menemukan hal yag sama, gk ada printah cetak no pendaftaran langsung ke beranda, diberanda sdh ada nama saya, nik dan instansi. tp saya bingung untuk mendapatkan n print bukti pendaftarannya.
      mohon bantuannya. trimakasih

      Delete
  52. malam kang agus.. saya mau nanya..?? kmrn saya isi akreditasi saya C. nah setelah saya cek ternyata bulan juli tahun ini sudah berubah jadi B... apa itu tidak apa2 kang agus...??? mohn pencerahannya...

    ReplyDelete
  53. mas admin, saya udh berhasil daftar di panselnas dan sudah mendapat username dan password yg dikirim melalui email panselnas. saya mendaftar di kemenkeu. saya sudah bisa log in di http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/ tapi pada saat mengisi formulir, data yg telah saya masukkan tidak dapat disimpan, otomatis saya tidak dpt melanjutkan ketahap selanjutnya yaitu upload dokumen dan cetak bukti pendaftaran. Gimana ya min? Mohon bantuannnya..

    ReplyDelete
  54. mas admin, saya udh berhasil daftar di panselnas dan sudah mendapat username dan password yg dikirim melalui email panselnas. saya mendaftar di kemenkeu. saya sudah bisa log in di http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/ tapi pada saat mengisi formulir, data yg telah saya masukkan tidak dapat disimpan, otomatis saya tidak dpt melanjutkan ketahap selanjutnya yaitu upload dokumen dan cetak bukti pendaftaran. Gimana ya min? Mohon bantuannnya..

    ReplyDelete
  55. Assalamualaikum min. mau tanya nih kan ada beberapa instansi yg menentukan lokasi secara default sesuai domisili, nah misalnya pendaftar memiliki ktp domisili makassar tapi domisi tempat tinggalnya skrg di luar makassar.

    Terkait diatas, apakah bisa menentukan lokasi ujian instansi BNN ? kalau bisa prosesnya gmn min

    Mohon informasinya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca http://cpnsbersih.blogspot.com/2014/09/pengumuman-cpns-bnn-2014.html

      Delete
  56. bapak/ibu apakah untuk registrasi ke dua jika terjadi kesalahan dapat mendaftar ulang lagi dengan mengisi kembali data-data pada formulir pendaftaran itu??

    ReplyDelete
  57. Maaf Pak Saya Mau Tanya,

    Saya kan sudah daftar di panselnas.menpan.go.id, registrasi saya berhasil, username dan password saya di kirim melalui email dan sudah saya terima, namun pas saya mau daftar di portal instansi terkait (Kementerian Perhubungan) tidak bisa login pak, itu gimana solusinya Pak? mohon bantuan nya Pak.

    ReplyDelete
  58. Misi kang agus, saya sudah daftar bnn dan ngeprint tanda bukti pendaftaran dari bkn.
    Sesudah itu gmn lagi ya tahapnya? Saya buka situs bnn ga bisa trs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena banyak pertanyaan soal BNN, admin buat post terbaru: http://cpnsbersih.blogspot.com/2014/09/pengumuman-cpns-bnn-2014.html

      Delete
    2. Kang mau nanya lagi, dilink yg akanh kasih diberi tahu kalo verifikasi berkas paling lambat tgl 4 spt. Beneran itu kang? Bknnya pendaftaran terakhir bnn itu paling telat tgl 8 spt?
      Masa saya gagal gara2 telat :(
      Hatur nuhun kang agus

      Delete
  59. Assalamualaikum min. mau tanya , kenapa pada saat saya mau daftar, lokasi test nya default ?? dan apakah lokasi secara default , ujian test nya nanti sesuai dgn domisili saya?,

    Mohon informasinya min

    ReplyDelete
  60. apakah kesalahan input data misal (nomor ijazah) saat melakukan registrasi di portal sscn artinya tidak akan lulus verifikasi , mohon infonya admin

    ReplyDelete
  61. assalam min, mau tanya. saya telah mendaftar d https://regpanselnas.menpan.go.id (udah beres sampai akhir) sehabis itu saya langsung ke link kementrian yang akan saya daftar dan itupun telah selesai juga sampai akhir (mencetak formulir). nah yang saya tanyakan untuk link sscn.bkn.go.id ngak ad d obrak abrik, apakah itu ngak ad masalah dan untuk pendaftaran saya udah selesai. #masihbingung, mohon bantuan/pencerahan dr teman2

    ReplyDelete
  62. min saya mw tanya jika daftar 3 formasi apakah surat lamaran dibuat tersendiri-sendiri apakah dijadikan satu

    ReplyDelete
  63. saya mw tanya, sy sdh dpt user dn pasword tetapi tdk bs masuk ke sscn karena user tidak ditemukan,,, padahal sduh 2x24 jam tetapi say bs masuk ke portal instansinya dan saya bingung cara upload berkas nya di instansi badan keamanan laut Ri,, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  64. Untuk mengetahui lulus tidaknya seleksi administrasi/verifikasi berkas bgmn ya Pak ? sy mengambil formasi di instansi KKP. Trims

    ReplyDelete
  65. saya mau tanya, saya udah bisa masuk ke sscn.bkn.go dot id...tapi menu utama yang ada cuma tiga yaitu Informasi Umum, Pengumuman Instansi, Petunjuk Pendaftaran,.itu menu untuk daftarnya dimana kang..? trus aku login klik daftar d pojok atas tpi ko" formulir pendaftaranx terisi dengan nama orang lain dan tdk bsa terhapus,,APANYA YANG SALAH MAS ?? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhirnya gimana masbro? kasus hampir sama aku login cm ada 3 menu utama trus klik daftar yg di popjok atas tp yg ada kosong ga ada apa2.????

      Delete
  66. Admin saya mau nanya, untuk ijazah yang diupload harus yang scan asli atau boleh yang legalisir?

    ReplyDelete
  67. admin saya mau bertanya bila ada kesalahan sewaktu mendaftar, yaitu salah jenis kelamin nya apakah itu akan mempengerahui seleksi administrasi nya??
    dan saya juga mau bertanya sewaktu saya print bukti registrasi nya hasil print saya beda dengan yg muncul di layar,,,
    bedanya pada hasil print saya adalah pada barcodenya itu tertutup dengan warna sedangkan telah dikirm berkasnya,,,
    apakah itu juga akan mempengaruhi pada seleksi administrasi/verifikasi berkas????
    tolong di jawab,,,

    ReplyDelete
  68. saya sudah berhasil daftar di panselnas dan kementerian keuangan, tapi kenapa tidak bisa login di portal sscn ?
    untuk pelamar kementerian keuangan apakah harus mengirim berkas melalui pos ?

    ReplyDelete
  69. istri ane kan kmaren ngisi formulir di situs regpanselnas.menpan.go.id, pas udah menekan tombol KIRIM, biasanya kan keluar notifikasi "Selamat Anda sudah terdaftar, silakan cek email Anda untuk informasi selanjutnya". Eh malah yang keluar notifikasi bahwa NIK SUDAH TERDAFTAR DALAM SISTEM. Ane ngak ngerti maksudnya itu apa. Padahal waktu ngisi NIK, keterangannya NIK Valid. Trus ane cek di email 2 hari kmudian gak ada email panselnas. Hal ini yang membuat ane bingung, mau mengirim lagi apa gak kena diskualifikasi gak ya? mohon bantuan pencerahan kepada temen2 smua..., bagaimana solusinya. makasih

    ReplyDelete
  70. admin, tolong Bantu sya
    saya dalam proses mengisi formulir , tiba2 sy gk sengaja tekan undo Dan begitu kmbali Isi , muncul bahwa NIK Telah terdaftar dalam sistem, itu mksudx bgmn

    ReplyDelete
  71. Informasi bagi yang berminat untuk ikut simulasi Test CAT BKN gratis dapat mendaftar di www.bkn-yogya.net buruan kuota terbatas tinggal satu hari

    ReplyDelete
  72. saya belum menerima email konfirmasi untuk user dan password dan saya lupa password pada saat mengisi form reg di panselnas, mohon info nya

    ReplyDelete
  73. Admin,help me..sy baru dftar di regpanselnas,semua data sdh diisi,pas tekan kirim. Loadingnya minta ampun, berjam jam loading trus, pertanyaan sy apa masih bisa di ulang keesokan harinya?krn belum berhasil registrasinya.makasih

    ReplyDelete
  74. Bung Admin, kenapa di formulir SCCN cuma muncul *pilihan 1? Padahal maksimal ada 3 pilihan jabatan kan? Bagaimana cara memunculkannya menjadi 3 pilihan jabatan? Terima kasih

    ReplyDelete
  75. sekedar berbagi, ms Akmal Aulia & teman yg pny kasus sama, Kemarin sy jg mengalami masalah dg NIK. NIK valid tp ada tlisan NIK sudah terdaftar dalam sistem. kemudian sy tunggu 1x 24 jam sprti anjuran Panselnas, menunggu notif email, namun tak kunjung mndapatkan notif email. dan kemudian sy coba Login ke portal instansi hanya dengan menggunakan NIK dan Passwt seperti passwt pd saat sy mendaftar, dan Alhamdulillah bisa. info lebih lanjut baca ini saja teman2 https://panselnas.menpan.go.id/index.php/f-a-q

    ReplyDelete
    Replies
    1. Portal instansi maksudnya ke SSCN itu pa?

      Delete
  76. Jika lupa password bagaimana solusinya min? Sedangkan password yang diberikan dari Panselnas = password yang digunakan saat mendaftar

    ReplyDelete
  77. mau tanya jika semuanya sudah lengkap dan kartu/tanda bukti pendaftaran sudah di print kemudian tahap selanjutnya bagaimana ? kalau misal kirim via email itu kirimnya kemana ? dan kalau via pos itu kirimnya kemana ? posisi saya di magelang. harap dibalas segera. PENTING! makasih

    ReplyDelete
  78. gimana yah setelah mengisi formulir pendaftaran di sscn bkn kok setelah selesai daftar kok keluar
    javax.servlet.ServletException: Potential CSRF detected from you!!
    klik SSCN 2014 untuk kembali,,mohon di balas ya admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba setting begini (windows 7):
      Control Panel>Network and Internet > Internet Options > pilih tab Security > kemudian tab security level, pilih level terendah (medium) > OK > restart PC

      Delete
    2. saya juga mengalami seperti Ane, berarti di sscn bisa mengisi formulir kedua kalinya dengan isi yang sama seperti yang pertama?karena yang pertama gak dapat kartu registrasinya

      Delete
  79. bagaimana cara mengatasi javax.servlet.ServletException: Potential CSRF detected from you!! setiap submit data. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba setting begini (windows 7):
      Control Panel>Network and Internet > Internet Options > pilih tab Security > kemudian tab security level, pilih level terendah (medium) > OK > restart PC

      Delete
  80. saya mengalami masalah yg sama, setelah submit lgsg begitu, sekarang malah tiap klik daftar yang muncul tampilan login lagi -_-

    ReplyDelete
  81. Asmikum ka.
    Saya bisa login ke SSCN tetapi permasalahany tidak bisa mengisi form pendaftaran. Maaf mau tanya kenapa kolom pendaftaran cpns tidak muncul di menu utama, padahal kan ad 9 kolom di menu utama, tetapi di menu utama hanya muncul kolom informasi umum,pengumuman instansi, dan petunjuk pendaftaran. Tetapi kolom PENDAFTARAN CPNS tidak ada, lalu trus bgmn saya mengisi form pendaftaran kalo tidak ada yg diklik dan tidak dapat mencetak kartu registrasinya. Trimksh bnyk, mhon bntuan n pencerahannya.. Trimksh..
    Wassalam.. :-)

    ReplyDelete
  82. gan untuk upload berkas nya di mna?
    prsaan pas daftar gak da kolom buat upload berkas...
    kartu test nya sudah cetak... jdi ge mna tu gan...???
    mhon di bantu!!!

    ReplyDelete
  83. gan.. klo lupa upload foto gimana??
    itu sudah di verifikasi gan,
    masa iya ntar gagal tes administrasi gara" foto :(

    ReplyDelete
  84. dapat info baru jumlah pelamar terbanyak di instansi: klik link https://www.facebook.com/cpnsindonesia/photos/a.622170424462015.1073741824.132946276717768/864343563578032/?type=1&comment_id=864452036900518&reply_comment_id=864455343566854&offset=0&total_comments=220&ref=notif&notif_t=photo_reply

    ReplyDelete
  85. klau uda mendaftar n uda dapat no registrasi,da nyiapin berkas,trus dikirim ke mana,klau formasi nya provinsi mmg ada sih,tp gk dijelaskan bs dikirim lewat pos atau langsung yg bersangkutan yg menghantarkan berkas tersebut...??tu gmn,
    trus biasanya informasi untuk alamat memasukkan berkas itu dimana ya, terutama yg kementrian.misalnya saya buat formasi ny kementrian pertanian ,..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk memperoleh informasi ttg penerimaan CPNS beserta persyaratan dan prosedurnya:
      - Lihat di panselnas atau sscn, biasanya selain formasi ada syarat dan tata cara pendaftaran
      - lihat webiste resmi instansi pasti diumumkan juga, atau datangi BKD setempat utk Pemda
      - media lain juga ada misalnya google, asal mau berusaha pasti dapat

      Delete
  86. maaf mas saya ingin tanya, saya sudah daftar di panselnas, tetapi nama saya salah ketik, kemudian saya mendapat email dari panselnas bahwa nama saya sudah terdaftar, padahal nama saya salah, mohon bantuan solusinya, trus apakah dengan kesalahan nama tersebut akan bermasalah nanti saat kita mendaftar di sscn...mohon pencerahannya mas,, terima kasih banyak,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya data yg sudah di submit tidak bisa diganti lagi, kalau ke sscn asal username dan password benar masih bisa login. Tinggal persoalannya secara administrasi instansi akan meloloskan atau tidak. Semoga saja bisa

      Delete
  87. Kang saya sudah kirim berkas untuk diverifikasi ke kantor BNN di jakarta via pos. Kira2 kpn ya dikasih tau lulus tidaknya tahap verifikasi? Nuhun kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. info updatenya di website bnn, pantau terus

      Delete
  88. Admin, npa y pas login k : http://sscn.bkn.go.id tapi jawaban yang muncul adalah "username tidak ditemukan"? padahal saya sudah mendapat notifikasi e-mail dari panselnas dan mengisi login sesuai dengan username&password yang diberikan panselnas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah 1-2 x 24 jam belum, panselnas butuh waktu untuk sinkronisasi data dg sscn. Kalau sdh melebihi waktu yg ditentukan kirim email ke panselnas

      Delete
  89. selamat malam pak
    saya mau tanya, saya sudah mendaftar dan akan mengirim berkas, apakah surat lamaran dan cv jga harus di buat? saya mendaftar di pemrov dki jakarta
    mohon penjelasannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirim surat lamaran bersama berkas yg dipersyaratkan, soal cv atau daftar riwayat hidup dilihat dulu apakah termasuk persyaratan yg harus dikirimkan atau tidak

      Delete
  90. aslm..mas admin tlg sy dibantu y..sy ud daftar di departemen perhubungan dan ud ngisi sebagian form di portal instansi..tp masalh waktu upload dokumen seperti ijazah krn yg terupload bukan nomer ijazah tp malah nomer KTP...berulang kali sy coba tp yg muncul msh ttp no KTP..pdahal ud berkali2 kali sy sdh scan ijazah format dan sizenya ud sesuai dgn yg diminta..tlg solusinya ya..thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini masalahnya salah upload atau tampilan. kalau salah upload berarti space yg tersisa tinggal sedikit krn termakan upload yg salah tadi, coba upload lagi dg ukuran yg lbh kecil lagi masih bisa nggak...
      Kalau masalah tampilan cari koneksi internet yg kencang atau ganti browser

      Delete
  91. mas..
    saya mau tanya setelah mendaftar di sscn terus verifikasi berkasnya dimana ya mas soalnya instansi daerah yang saya daftar tidak memberitahukan tata cara pendaftrannya..
    saya bingung selanjutnya bagaimana ya mas?

    ReplyDelete
  92. maksudnya cetak peserta apa min?
    harus di cetak?
    bagaimana cara cetak nya kalau memang harus?
    soalnya saya blm bisa cetak peserta baru bisa cetak bukti pendaftaran

    ReplyDelete
  93. salam semangat pak admin. saya mau tanya. saya sudah mendapat email balasan dari panselnas. saya log in dan mengisi formulir pendaftaran dan saya klik daftar tetap kenapa tidak ada tulisan cetak. lalu bagaimana saya bisa mendapatkan nomor registrasi jika tidak ada tulisan cetak nomor registrasi tersebut. mohon pencerahannya pak admin. terimakasih. salam super

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak admin mohon pencerahannya. saya yang bertanya di atas kemarin belum dijawab :(

      Delete
  94. pak admin, saya sudah selesai daftar di instansi kementrian pertanian. sudah dapat cetak bukti registrasi, tapi sampai saat ini tdk ada informasi perihal proses selanjutnya sehubungan berkas apakah dikirim, diupload dan tenggat waktunya. sementara pendaftaran on line sampai 22 september. saya sudah coba up date info instansi di SCCN tetapi tdk ada perkembangan. sdh coba kirim pengaduan ke panselnas ataupun SCCN, tetap belum ada balasan. mohon bantuannya jika ada info pak admin, dari yg juga membaca, atau yg juga telah daftar di instansi yg sama juga mohon bantuannya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelamar yang telah mencetak kartu tanda bukti pendaftaran CPNS Kementerian Pertanian T.A. 2014 berhak mengikuti tahap berikutnya yaitu verifikasi data/berkas pelamar sesuai lokasi tes yang dipilih seperti tabel dibawah pada tanggal 26 – 27 September 2014.

      Silahkan download link dibawah ini:
      http://www.pertanian.go.id/assets/upload/doc/Pengumuman_verifikasi_CPNS_2014.pdf

      Delete
  95. mas saya kan pilih 3 formasi jabatan di kemenparekraf, nah untuk surat lamaran yg dikirim via pos nya harus bikin 3 juga apa cukup 1 aja disekaliguskan? tolong jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu saja, namun di lamaran atau stopmap dicantumkan urutan pilihan. baca lagi dg teliti tata caranya

      Delete
    2. maaf sya mau tanya juga berkaitan dengan pertanyaan Tarimotion. jika 3 formasi yang sya pilih beda stopmap karena yang 1 formasi guru dan 2 formasi teknis, apakah sya harus melampirkan 2 stopmap yang berbeda wrna untuk formasi guru dan formasi teknis?

      Delete
  96. admin. saya baru saja mendaftar dikabupaten bener meriah dari situs panselnas, nik saya valid. tapi saat dikirim, nik sudah terdaftar disitem. gmn solusinya??? username dan pasword blom ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat postingan di atas,
      Solusi bagi NIK yang bermasalah di registrasi

      Delete
  97. pak admin, thanks atas infonya untuk proses lanjutan kementan.

    ReplyDelete
  98. Pak saya mau tanya, kemarin saya ngirimin berkas ke DKI Jakarta.. Tapi ternyata mapnya salah. Apa yang harus saya lakukan, apakah saya kirim ulang saja?

    ReplyDelete
  99. Pak admin, saya sudah berhadil daftar dan cetak, tetapi saat mengumpulkannberkas ada berkas yang kurang, sedangkan yang sudah dikumpulkan tidak boleh dikembalikan, apa saya boleh kurim berkas 2x? Kira2 langsung di diskualifikasi tidak ya jika ketahuan mengirim 2x? Terima kasih

    ReplyDelete
  100. Mas agus, saya sudah daftar dikementerian Hukum dan Ham dan sudah Log In ke sscn.bkn.go.id, tetapi mengapa lokasi test pilihannya default ?dan apakah saya hanya bisa memilih formasi yang tersedia di provinsi saya berada ? Mohon dibantu mas, informasi dari panselnas maupun web kemenhumkam kurang detail.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuahh kejadiannya yang sama...itu bagaimana ya mas agus?makasii solusinya

      Delete
    2. Pilihan lokasi Kemenkumham memang default, semuanya begitu. Pilihan lokasi tes ditentukan panitia apakah menurut alamat atau lokasi pilihan tunggu info selanjutnya

      Delete
  101. Tolong bantuan informasi mas agus, saya sudah mendaftar dipanselnas dengan pilihan kementerian tenaga kerja dan transmigrasi, tetapi saya baru menyadiri tahun lahir saya salah, dan saya sudah email ke panselnas@menpan.go.id dengan subjec Pengaduan Permasalahan NIK sesuai panduan panselnas dengan harapan pendaftaran saya ini dibatalkan panselnas tetapi sampai detik ini belum ada balasan, bagaimana ini mas, apakah saya lanjutkan aja mendaftar di sscn.bkn.go.id dengan kesalahan tahun lahir itu ? Untuk kemenakertrans mengapa lokasi test default ?

    ReplyDelete
  102. Admin, sy lupa menempel foto di kartu registrasi online smntr berks sdh d kirim lwt pos dikarekn sy tdk tau kalau itu harus d tempel foto krn pikirny sy foto utk kartu panitia yg akn menempel sesuai jmlh foto yg mrk mnt. Jd gmn apa sy tdk lolos administrasi krn tdk menempelkn foto d kartu reg?

    ReplyDelete
  103. Admin, formasi jabatan yang muncul kok hanya 2 pilihan ya, padahal kan seharusnya 3 pilihan, saya tunggu lumayan lama dan coba buka berkali-kali tapi di kolom pendaftaran hanya 2 saja. Mohon bantuannya admin, trima kasih..

    ReplyDelete
  104. Rekan-rekan, selain pengaduan lewat email panselnas juga membuka pengaduan lewat YM. Syaratnya harus mendaftar dulu di http://pengaduan.panselnas.id/ untuk mendapatkan nomor antrian.

    ini akunnya: helpdeskpanselnas, helpdeskpanselnas2, helpdeskpanselnas3, helpdeskpanselnas4

    ReplyDelete
  105. pada saat mengklik submit form muncul javax,servlet,servletException pontensial CSRF detected from yuo . mohon sarannya

    ReplyDelete
  106. setiap register di panselnas kenapa selalu muncul tahun tidak valid,saya tahun ini 34 tahun lahir 25 maret 1980 apakah memang tidk bisa register mohon jawabnnnya

    ReplyDelete
  107. Gan, untuk setiap instansi daerah sebelum menentukan lulus berkas, misalkan data atau berkas ada yang kurang atau salah tulis apakah akan diberikan waktu lagi untuk melengkapi atau tidak?

    ReplyDelete
  108. di contoh sistem melamar cpns 2014 cpnsonline.mahkamahagung.go.id ada keterangan untuk kita mengapload fill yg sdh kita scanner, setelah kami isi pendaftaran halaman tersebut tdk dijumpai. mohon penjelasannya. trims

    ReplyDelete
  109. Mas,.saya mw nanya, kemarin malam saya registrasi tetapi sampai pagi ini kok belum dapat balasan email USERNAME & PASSWORD nya ya mas ???
    Mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  110. sy berhasil login sscn, tapi kenapa ndak muncul form isian pendaftaran? malah selalu muncul menu login lagi, kenapa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah begini biasanya berhubungan dengan browser, coba ganti browser atau istall/update yang terbaru

      Delete
  111. apakah peserta tes cpns berhak untuk mengetahui daftar peserta dalam suatu formasi?

    ReplyDelete
  112. apakah peserta tes cpns berhak mendapatkan informasi tentang jumlah peserta yang mengikuti suatu formasi dan nama-namanya

    ReplyDelete