Keunikan Hasil TKD dengan LJK

Sampai saat ini sebagian besar Pemerintah daerah sudah mengumumkan hasil kelulusan CPNS. Peserta yang dinyatakan menjadi CPNS hampir semuanya berdasarkan nilai TKD, sangat jarang instansi Pemda menyelenggarakan ujian TKD sekaligus TKB.

Dari beberapa instansi yang mengumumkan hasil TKD, ada hal yang unik mengenai skor TKD yang telah dirilis. Beberapa peserta yang dinyatakan lulus mempunyai skor yang sama pada satu formasi. Uniknya lagi kesamaan nilai TKD ini bukan hanya pada skor totalnya, tetapi nilai tiap-tiap materi TKD juga sama persis baik itu untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Salah satunya Pemprov Sumatera Utara pada formasi Dokter Umum terdapat 12 peserta yang dinyatakan lulus mempunyai skor Total TKD yang sama 468 dengan perincian TKP: 176, TIU: 136 dan TWK: 156.

Seperti diketahui berdasarkan Permenpan No.35 Tahun 2013 tentang Nilai ambang batas TKD seleksi CPNS bagi instansi yang menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK) skor maksimal yang mungkin dicapai peserta adalah 480. Dengan skor 468 berarti persentase soal yang benar dikerjakan peserta mencapai 98%.


Contoh kedua Pemprov NTB untuk formasi Perawat dan Bidan nilai TKD juga 468 dengan perincian TKP: 176, TIU: 136 dan TWK: 156 (sama dengan Pemprov Sumut)



Sedangkan yang ketiga Pemkab Karangasem  pada formasi Guru Kelas, Guru Penjaskes, Guru Matematika dan Guru Bahasa Indonesia nilai keseluruhan TKD sebesar 464 dengan perincian TKP: 176, TIU: 136 dan TWK: 152 (soal yang benar 97%)



Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Keunikan Hasil TKD dengan LJK"

  1. Hhahahhaa teliti sekali kamu mas...Saya sependapat dengan anda, hal diatas terasa sangat ganjil. Persentase nilai bisa sama sangat kecil padahal.....hahahhha
    negeri ku oh negeri ku...........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ada lagi.. Itu nilainya yg tinggi-tinggi makannya apa ya?? pengen pintar seperti anda2 saya, bisa jawab bener soal TKD hingga 98% hahahhaha WTF shittttt!!!!

      Delete
    2. Manusia ga punya malu itu mas...IQ segitu cuma jadi sampah...tak bisa menciptakan apa2 cuma jadi PNS.

      Delete
  2. assalamualaikum,,slamat malam ,,,saran saya tahun depan sistem penerimaan cpns baik jika dilaksanan dengan sistem CAT semua,,,saya tadi liat pemda2 di daerah nilainya tinggi2 sekali,,bukannya saya meremehkan tapi benar2 tidak masuk akal coba lihat kab. tapanuli tengah dll... sepertinya masih banyak oknum yang bermain dengan LJK,,,pns itu mesinnya negara kalo cara masuknya aja curang,,,yang pantas jadi tidak masuk,,yang tidak pantas jadi masuk,,jelas dampaknya adalah kemunduran bangsa ini,,trims

    ReplyDelete
  3. iya betul gan,,saran saya buat oknum cpns yang masuk dengan jalan belakang (curang) anda harusnya sadar anda telah mengambil hak orang lain,,,anda sadar ga ??? masih ada yang lebih baik dari anda,,,,anda benar2 dikutuk oleh masyarakat indonesia karena tidak kompeten bisa masuk jadi cpns dengan jalan yang tidak lazim,,,,

    ReplyDelete
  4. sadarlah anda hidup hanya sementara, hanya numpang minum.....dicemari oleh kecurangan.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Mengapa pemerintah Papua belum juga mengumumkan hasil tes CPNS? bukannya Panselnas telah menyerahkan seluruh hasil tes ke daerah masing-masing.

    ReplyDelete
  7. Hmmm...musti disilikidi niy..

    ReplyDelete
  8. jangan begitulah mas.. kebetulan saya mahasiswa peneliti sistem CAT, dan saya teliti dalam aplikasi memang sangat sulit untuk dilakukan manipulasi. terlebih pengawasan dalam pelaksanaannya sangat ketat, memakai cctv. jadi wajar kalau nilai sama, ya berarti jumlah benernya emang sama.. ngapain juga mesti ganti nilai orang satu2. software itu berkerja secara umum kok, tdk bisa dimanipulasi per individu hehe. mungkin itu yang kecewa karna gagal aja yang bilang seperti itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yg gak nyambung, daritadi yg dibahas kan sistem LJK bukan CAT, coba baca judulnya.... Kalo LJK saya yakin masih banyak yg bisa dimanipulasi, gak mgkn secara kebetulan sekali score nya bisa sama semua sampai ke sub sub nya, kan keliatan bgt udah gak jujur. Ya mudah2an tahun 2014 ini lebih jujur karena sudah pake CAT semua, lgsg keliatan scorenya, dan lgsg di ranking juga oleh orang BKN nya (kalo ujian di gedung BKN ya...)

      Delete
  9. Manusia sampah semua itu ,,,,perusak sistem dan manusia korup...sekarang mereka2 itu bisa dipantau ada namanya ditampilkan. Dengan IQ di atas 200 melebihi IQ Einstein cuma bisa jadi PNS ...dan apalah yang bisa mereka ciptakan....

    ReplyDelete