Passing Grade dan Penetapan Kelulusan CPNS 2013

Salah satu prinsip dalam pengadaan CPNS 2013 adalah Kompetitif, dalam arti semua calon pegawai yang memenuhi syarat bersaing secara sehat serta penentuan hasil seleksi didasarkan pada nilai ambang batas tertentu dan/atau nilai terbaik dari seluruh peserta.

Passing Grade merupakan nilai ambang batas kelulusan ujian dari seorang peserta ujian CPNS. Sebenarnya penerapan ambang batas kelulusan CPNS sudah diterapkan pada penerimaan CPNS 2012 lalu. Passing grade digunakan untuk ujian CPNS pada Tes Kompetensi Dasar (TKD). Sedangkan pada TKB (Tes Kompetensi Bidang) nilai kelulusan ujian kompetensi bidang ditentukan berdasarkan peringkat nilai tertinggi.

Besaran nilai passing grade sesuai peraturan ditetapkan oleh Menteri PAN dan RB. Pada tahun lalu nilai ambang batas ditetapkan berbeda berdasarkan kualifikasi pendidikan pelamar. Sejauh ini pada penerimaan CPNS 2013 passing grade yang ditetapkan tidak berbeda dengan tahun 2012.

Bagi pelamar dengan kualifikasi SMU, passing grade ditetapkan sebesar 35 dengan perincian nilai minimal Tes Karakteristik Pribadi 25, Intelegensi Umum  dan Wawasan Kebangsaan masing-masing 5. Kualifikasi DII/DIII dan sederajat skor ambang batasnya 42,5 dengan syarat minimal nilai Karakteristik Pribadi 27,5 Intelegensi Umum dan Wawasan Kebangsaan 7,5. Sedangkan pelamar dengan pendidikan S1/IV ditetapkan sebesar 55.

Lebih jelasnya lihat tabel dibawah ini:

Passing Grade Kelulusan CPNS 2012

* Setiap soal yang benar diberi bobot nilai 0,5 sehingga jika semua soal benar semua maka skor maksimal sebesar 100.

Ketentuan passing grade di atas memperhitungkan nilai minimal masing masing materi Tes Kemampuan Dasar (TKD). Sebagai contoh untuk kualifikasi S1 ambang batasnya ditetapkan sebesar 55, namun dengan syarat: nilai minimal tes untuk Karakteristik Pribadi 30, Intelegensi Umum 15 dan nilai Wawasan Kebangsaan minimal 10. Metode ini mirip seperti penilaian penentuan kelulusan UN.

Bisa saja seorang peserta A dengan nilai mencapai 65 dinyatakan tidak lulus, namun ada peserta lain B dengan skor 60 malah dinyatakan lulus CPNS. Hal ini terjadi karena nilai si A untuk materi Karakteristik Pribadi  hanya 25 atau masih dibawah passing grade sebesar 30. Sedangkan peserta B pencapaian skor masing-masing tes di atas passing grade sehingga berhak menjadi CPNS, meskipun nilai keseluruhan lebih sedikit dari si A.
Poin yang sangat penting di sini, peserta CPNS harus menguasai ketiga materi yang diujikan pada Tes Kompetensi Dasar (TKD), jangan sampai hanya memprioritaskan salah satu materi saja dan yang lain dilupakan. Karena apabila salah satu materi tes nilainya dibawah passing grade, dipastikan tidak akan lolos menjadi CPNS.

Penetapan Kelulusan CPNS

Kelulusan peserta ujian CPNS didasarkan pada nilai passing grade, dan apabila jumlah yang memenuhi nilai ambang batas kelulusan melebihi jumlah formasi jabatan yang telah ditetapkan, maka penetapan selanjutnya berdasarkan rangking nilai tertinggi berurutan nilai berikutnya sampai dengan jumlah formasi yang telah ditetapkan.

Jika instansi menetapkan bagi jabatan tertentu hanya menyelenggarakan ujian kompetensi dasar, maka:
  1. Apabila jumlah pelamar yang mencapai nilai passing grade sama atau kurang dari jumlah alokasi formasi yang tersedia maka pelamar yang memenuhi passing grade tersebut dinyatakan lulus. Contoh: Formasi 50, peserta 100 orang namun yang lolos passing grade 40 orang maka yang dinyatakan lulus hanya 40 peserta tersebut, sisanya sebanyak 10 orang lihat poin 3.
  2. Apabila jumlah pelamar yang mencapai nilai ambang batas kelulusan melebihi jumlah alokasi formasi yang tersedia, maka penentuan kelulusan berdasarkan rangking sesuai dengan jumlah formasi yang tersedia. Contoh: Formasi 50, peserta 100 dengan 60 melampui passing grade peserta yang dinyatakan lulus sebanyak 50 peserta dengan ranking tertinggi.
  3. Apabila jumlah pelamar yang memenuhi passing grade kurang dari jumlah alokasi formasi yang ditetapkan, maka kekurangan tersebut dapat diisi dari pelamar jabatan lain yang kualifikasi pendidikannya sama yang memenuhi passing grade berdasarkan rangking sesuai dengan jumlah alokasi formasi yang tersedia.
Instansi yang menyelenggarakan Ujian Kompetensi Bidang dan atau Tes Psikologi Lanjutan, maka penentuan kelulusan sebagai berikut:
  1. Peserta CPNS yang dinyatakan lulus ujian kompetensi dasar dan mengikuti ujian kompetensi bidang atau tes psikologi lanjutan, maka nilai kelulusan ujian kompetensi bidang ditentukan berdasarkan peringkat nilai tertinggi.
  2. Apabila jumlah pelamar yang memenuhi nilai sebagaimana pada poin 1 melebihi alokasi formasi yang ditetapkan, maka kelulusan ujian kompetensi bidang ditentukan berdasarkan pada peringkat nilai tertinggi sesuai dengan jumlah alokasi formasi.
  3. Apabila jumlah pelamar yang memenuhi nilai sebagaimana tersebut pada angka sama atau kurang dari jumlah alokasi formasi yang ditetapkan, maka pelamar tersebut dinyatakan lulus.
  4. Bagi pelamar yang tidak memenuhi nilai ambang batas kelulusan ujian kompetensi dasar dan mengikuti ujian kompetensi bidang pelamar tersebut dinyatakan tidak lulus.
Jadi perbedaan pada kedua instansi tersebut adalah instansi yang ada tambahan Ujian TKB dan Psikologi, kekurangan formasi tidak dapat diisi dari peserta dari bidang lain.


Passing Grade CAT 2013

Seperti yang disampaikan Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB (27/8) di berbagai media jumlah soal dalam Tes CAT sebanyak 100, terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP).

Bobot nilai setiap soal yang benar untuk tes wawasan kebangsaan dan tes intelegensia umum sebesar 5 sedangkan jawaban salah diberi nilai 0. Khusus tes karakteristik pribadi (TKP), tidak ada yang salah dengan pemberian nilai 1 s/d 5. Sehingga nilai maksimal yang dapat diperoleh peserta CPNS pada angka 500.

Sampai saat ini Kemenpan belum mengeluarkan aturan mengenai passing grade untuk tahun 2013, maka diasumsikan masih seperti tahun 2012 yakni 55%. Serta mengacu pada Tes Kompetensi Dasar CPNS Kemenkeu 2013 untuk Lulusan STAN yang dilaksanakan di BKN dengan sistem CAT, passing grade yang ditetapkan sebesar 275 dari nilai maksimal 500 (55%).

Nilai 275 dari 500 secara persentese (55%) sama persis dengan nilai minimal untuk jenjang S1 tahun 2012. Sehingga untuk amannya pada tahun 2013 ini peserta tes harus mampu mengerjakan soal CAT minimal 55 soal dengan benar, meski harus tetap memperhatikan faktor nilai peserta lain (sistem peringkat) untuk bisa lolos ke fase selanjutnya.

Ingat .... passing grade CAT = 250

Subscribe to receive free email updates:

162 Responses to "Passing Grade dan Penetapan Kelulusan CPNS 2013"

  1. thanks very much at information.....

    ReplyDelete
  2. terima kasih, info yang padat & penting

    ReplyDelete
  3. Mudah2an bisa lulus,, saya dapat nilai TKD CAT 307

    ReplyDelete
  4. Sama saya juga skornya 307

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya 450 gksombong

      Delete
    2. Diatas saya yang skornya 450 kalo memang benar mana buktinya. Skor tertinggi yang tercatat sampai saat ini masih dibawah 400. Saya sudah coba secara maksimal memang susah tembus skor 400.Tes di try out jauh beda dengan tes aslinya.

      Delete
    3. Terakhir skor tertinggi 401 koma sekian, saya temukan saat ujian di BATAN, teman sejawat saya dokter gigi lulusan unpad. Kalo ada yg sampe 450 itu sgt luar biasa, mengingat skor maksimal 500

      Delete
    4. Cek dong link di bawah. Skor 400 ga ada apa2nya dibanding skor mereka.

      http://cdn.kaskus.com/images/2013/12/25/5452853_20131225015206.png

      Delete
    5. klo yg mereka yg ada di link itu benar,,, saya setuju sama mas imank,,, itu sangat luar biasa..... tp klo melihat struktur nilainya,,, sepertinya itu perlu di uji keaslian image tsb. tp klo keaslian imagenya sdh diuji&valid... maka harus ditinjau ulang itu hasil tesnya.... krn struktur nilainya sama persis....

      Delete
  5. Waduh ga lulus gw kl gt

    ReplyDelete
  6. saya lulus tidak ya saya dapat 291 nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lulus kalo passing gradenya sangat rendah, yaitu dibawah 300, kalo dikonversi nilai loe tu cuma 5.8 , kalo loe lulus berarti memang yang jadi PNS tu rata" orang bodoh

      Delete
    2. atas ane,kaya'y orang yg jenius banget ya! sampe2 bisa ngatain org lain itu bodoh..

      Delete
    3. bukan begitu PE'A, maksud sy tuh dari kita kecil aja sudah tau kalau nilai dibawah 6 berarti nilai merah, masa nilai merah mau dibilang pintar???

      Delete
    4. eh pinter!
      pinter atau enggak'y seseorang g cuma dinilai dari nilai TKD dia..

      inget bro,di tes TKD kmrn tuh banyak juga yang jawab asal nembak tp bisa dapet nilai diatas 300..

      apa itu definisi pintar menurut ente?

      klo menurut ane sih,hasil TKD kmrn belum mencerminkan org tersebut pintar dan layak untuk menjadi PNS atau enggak,karna masih ada tes selanjut'y..

      ingat bung,di dunia kerja EQ itu lebih penting dibanding IQ..

      Delete
    5. hey Anonymous Oct 16, 2013, 11:41:00 PM
      anda bukan memberikan jawaban ato pndapat dgn etika yang baik dan beradab, malah menghina orang lain bodoh.
      smoga engkau di beri hidayah diatas islam dan sunnah bro.

      Delete
    6. buat AnonymousOct 16, 2013, 11:41:00 PM yang amat pintar dan karena terlalu pintar jadi tidak tahu etika, angka 291 itu termasuk bagus, untuk mendapatkan angka 291 itu gak gampang, buktinya ada ribuan orang yang skor nya dibawah 200

      Delete
    7. untuk menjawab agan Anonymous Oct 22, 2013 12:19:00 PM yang menggunakan kalimat ini ( buat AnonymousOct 16, 2013, 11:41:00 PM yang amat pintar dan karena terlalu pintar jadi tidak tahu etika, angka 291 itu termasuk bagus, untuk mendapatkan angka 291 itu gak gampang, buktinya ada ribuan orang yang skor nya dibawah 200 ), jawaban saya simple aja, dimana mana bibit unggul y cm puluhan dari ribuan, klo bibit yg biasa" aja y ribuan dari ribuan

      Delete
    8. AnonymousOct 16, 2013, 11:41:00 291 ternyata lulus

      Delete
  7. Tkd saya formasinya: Tes karakteristik pribadi = 29
    Intelegensia umum = 17
    Wawasan kebangsaan = 21
    Kurang 1 point di tes karakteristik pribadi yg standartnya 30 point
    Kira2 lolos gak yaa? God bless me

    ReplyDelete
  8. Ini sbnrnya yg pd komen anak stan yah..mdh2an pd lulus yah?klo yg umum begimana?

    ReplyDelete
  9. saya juga 307 skornya tapi dari umum....ya...61% deh...tapi TKP oribadi pointnya dpat 147 lulus ga ya....

    ReplyDelete
  10. ada yang ikut TKD BNPT gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ndaftar BNPT yah?, ngeri ah, diincar teroris terus, ntar pas berangkat kerja tau" pas nglewati pintu gerbang kantor udah dipasangi bom ama teroris, boooooooooooooommm !!!! , hehe

      Delete
  11. Bnpt pass grade brp ya?

    ReplyDelete
  12. saya skor CAT nya 344. kira2 lulus gak ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti lulus bro, skor 325-500 tu skor sangat aman

      Delete
    2. tergantung hasil tes peserta lain donk, klo lebih dari 50% yang dapat nilai lebih dari 344 berarti anda tidak lulus lah

      Delete
    3. pake duit tuh smua
      soalnya di negara ini KKN semua
      uang yang mengatur negara Indonesia
      enak aja kau mau lulus tanpa uang

      Delete
  13. saya skor cat nya 302, untuk jenjang SMK,.
    dengan perincian skor;
    TKP 147, TWK 80, TIU 75
    insya allah saya lulus,
    aamiin yaa allah,. :-)
    terima kasih informasinya iyaa,.

    ReplyDelete
  14. passing grade BNPT,,kl gak salah 300!

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah, yang betul 310

      Delete
    2. wah kalo bener 310 berarti cuma sedikit yang lulus tuh, gw dnger yg di BNPT yg dpy skor 325 ampe 500 ga nyampe 20 orang, wah bisa bisa langsung lulus deh mereka ga di tes lagi kaya di BNN taun lalu

      Delete
    3. bisa jadi gan, tp memang gw dnger TKD BNPT terkenal paling sulit dari instansi lainnya, dan memang terbukti gan, banyak peserta yg tes di instansi lain seperti Kemenkeu, Kemendag, BNN, PAN dll bisa dgn mudah mndapat skor di atas 325, tp saat tes di BNPT hanya mndapat skor yg cukup jauh dibawahnya, bahkan ada yg tidak bisa mencapai 300. gw jg mlah kenal 2 orng yg tes dsna jg mngalami hal yg sama, sebut saja si A, dia tes di Kemendag dpt skor 370 tp di BNPT cm 302, si B tes di BNN dpt skor 372 tp di BNPT dpt 340

      Delete
    4. [@Anonimous 22 okt 2013 22:43 ]emangnya BNN tahun kemarin gimana prosesnya?

      Delete
  15. saya dapet info bnpt passing gradenya ditentukan panselnas 310, jadi bagi yang dibawah 310 lebih baik lirik instansi lain yang manggil tes broooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaupun passing grade tercapai misal 310
      apakah masih ada nilai passing grade 55% juga di tiap materi,,,
      1.TKP
      2.TIU
      3. TWK
      thnx....

      Delete
    2. setau gw passing grade 55% di tiap materi juga dipakai broooo ( jawaban untuk agan anonymous Oct 17, 2013 2:56:00 PM )

      Delete
  16. iya betul mas, tapi kalau bisa milih lebih baik ikut instansi yang pake CAT aja mas, soalnya kalau pakai LJK terbukti sangat rawan titipan, misal si anak pejabat ini ikut tes pake LJK, entah dia mau jawab ngawur atau ga, oknum panitia yang dititipi sudah menyiapkan LJK yang telah terisi dan bernilai tinggi, penitipan bisa terjadi di beberapa tempat, bisa oknum panitia, bisa pula oknum di bppt

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, tes menggunakan LJK memang yang paling rawan titipan, penggantian lembar jawabannya bisa diganti saat pengumpulan LJK, pengecekan LJK, proses memasukkan LJK ke amplop, dan proses pengevaluasian nilai di BPPT. menteri PAN cm omdo soal pengawasan saat proses itu semua, krn fakta di lapangan sngat berbeda dgn teori. entah pengawasnya keasyikan bbm'an lah, entah ngantuk lah, dsb. Jadi mari berdoa agar semua orang yang berniat curang mati sebelum menukarnya, hehehehe

      Delete
  17. nama gw Sidik Gunawan, nilai CAT saya di BNPT=340 sedangkan di BNN=372, besok mau tes Pemprov Jateng sama Kemenhub, gw yaki lulus semua, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. TKD g mencerminkan apa2 bro..

      apalagi buat S1,nanti semua akan ketahuan asli'y pas wawancara kompetensi..hehe

      Delete
    2. wah itu siapa yg mengaku2 nama temen saya sidik gunawan.. ?
      setahu saya beliau orangnya tidak sombong n tidak suka pamer seperti itu..?

      Delete
    3. siapa itu yg mengaku2 nama temen saya sidik gunawan..
      saya conmfirm ke orangnya gak pernah coment di sini sebelumnya..
      itu yg ngaku2 temenya mas sidik gunawan ya..?

      Delete
    4. hehe iyah gan, soalnya gw kagum sama nilainya, gw ingin kayak dia,tapi kho malah dibilang sombong, salah perkiraan mua ah

      Delete
    5. jangan percaya dia mas,saya yang ngaku ngaku jadi beliaunya,saya temen tesnya di BNN ma BNPT, tapi maksudnya juga sama seperti mas diatas,tanpa niat buruk,tapi justru ingin seperti beliaunya hehe

      Delete
  18. iya betul gan, passing grade BNPT=310, termasuk standar yang tinggi, tapi maklum saja, di sini tempatnya orang cerdas memberantas terorisme bersama Densus88 n BIN gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat info dari mana neh, kalo segitu berarti gk lulus donkkk,,,,

      Delete
  19. tapi percuma teman", mending jangan daftar di BNPT, asal kalian tau aja, hampir semua honor di BNPT ikut tes semua, dan sudah dari jauh hari mereka mengikuti pelatihan n try out CAT di BKN tempat mereka di tes nantinya, jadi ya tau lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jangan salah gan, gw juga dapet info kalo ternyata para honor di bnpt rata-rata bego semua, nilai TKDnya cuma sedikit yang di atas 300, kalau ga salah cuma 2 orang, yang satu tueh si ponakannya Bella Saphira dari suaminya yang Brigjen itu, dia dapet score CAT 344 (udah cantik pintar pula *_* -ngarep )

      Delete
    2. semoga aja gan, yg terbaik untuk kita semua, klo memang mekanisme & prosesnya jujur pasti kesempatan setiap orang akan sama..
      so mari kita berikhtiar dan berdoa untuk kesuksesan bersama

      Delete
    3. (untuk AnonymousOct 16, 2013, 11:37:00 PM) anda salah coy, ponakan si bella saphira nilainya 334, dan pangkat oom'ny tu Mayjen coy, maaf bila salah kata,hanya ingin meralat anda ^_^

      Delete
    4. wedewww 334. asal gak bawa2 om sih gpp yah

      Delete
    5. keknya kmrn gak cuma 2 orang aja honorer bnpt yg ikutan. lebih dari 2 koq keknya

      Delete
    6. 2 orang honorer..? formasi apa aja mas..? mudah2an bukan obvit.. :(

      Delete
    7. honorer yg ikut tes bnpt sekitar 18 orang..
      tapi yg lulus tkd cuma 3 orang..
      tapi pas tkb yg belasan orang yg gak lulus tkd itu kayaknya masih ikut tkb juga. entahlah

      Delete
    8. honorer yg ikut tes bnpt sekitar 18 orang..
      tapi yg lulus tkd cuma 3 orang..
      tapi pas tkb yg belasan orang yg gak lulus tkd itu kayaknya masih ikut tkb juga. entahlah

      Delete
  20. mau nanya dah sama agan Sidik Gunawan, setau ane BNN baru besok dah tesnya gan. kok agan udah ada nilainye? oiye, emang boleh yak klo udah lolos TKD di 1 instansi trus ngikut lg TKD di instansi lain n lulus jg, bukannya katenye kayak begono malah didiskualifikasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tes BNN Jogja gan, tiap tempat tes berbeda tanggal tesnya, alhamdulillah nilai saya masih terbaik untuk BNN se-Pemprov Jateng n DIY gan

      Delete
    2. untuk peraturan harus 1 instansi tahun ini tidak ada gan, jadi kita semua bisa berjuang sampai babak final, selamat berjuang ^_^

      Delete
    3. wah ada yg ngaku2 nama temen saya sidik gunawan itu siapa ya.. ?
      setahu saya orangnya gak suka pamer n bilang begitu.. itu siapa..?

      Delete
  21. kalau score ny 299 lulus gak ya kira2? :)

    ReplyDelete
  22. Aq tes kemenkeu skor 323,, tp TIU cma dpet skor 70 xD trus tes di kemlu cma dpet 298,, kira2 msh ada pmbagian nilai yg dr TIU, TWK sama TKP gk ya? Ada yg tau presentasenya?
    Klo di kemlu canggih bgt, begitu kluar qta bisa liat pringkat brapa skor qta diantara peserta pas sesi itu, tp panitianya sbelum tes bilang,, klo kalian bisa liat nilai dan peringkat di layar luar setelah selesai, tp itu belum tentu yg menentukan klulusan,, brarti bsa jd ada alokasi nilai ke 3 bdang itu ya.. Semoga smuanya bisa lulus ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetulnya bukan hanya kemenlu dek Bernadette yg cantik ^_*, semua instansi kalo tes pake sistem CAT ya hasil langsung keluar dek, dan yang dikatakan panitia memang benar kalo nilai kita 323 jg blum tentu lulus karena masih liat skor peserta lain di sesi yg lain, untuk kemudian menunggu keputusan panselnas dlm menetapkan passing grade

      Delete
    2. tapi kalau melihat standard kelulusan/passing grade taun lalu nilai kamu masih aman semua dek cantik, cuma memang menteri PAN kecewa karena tahun ini belum ada yang bisa mencapai skor 400, padahal dai ga tau tuh susahnya ngerjakan soal itu, saya yakin klo dia n orng yg sudah jd pns disuruh ikut tes jg mungkin bnyak yg ga nyampe 300 dah, hihihi

      Delete
    3. alaaaah,udah lah bernadet, daripada ndengerin ocehan org ini soal pns, mnding knalan sm gw ajaaaaah, brp no PIN loe ????

      Delete
    4. Mz anonym I : hehehe,, iy smua yg pkek CAT emg bsa lgsung dliat skornya,, cma kalo pas di kemlu qta bisa liat peringkat qta diantara pserta tes yg lain itu urutan k brpa,, hehe.. Dger2 sleksi kemlu udh dpet ISO sih,, mau msuk ruang ujian aja hrus dperiksa dlu sma satpam hahahaha xD
      Mz anonym II : hahha iya sih,, kbnyakan pda omdo,, cba ikutan tes kyk qta,, gk smua org bsa mnguasai pgetahuan yg sebegitu luasnya pak,, xD ya amin,, smoga bsa lulus :)
      Mz anonym III: hehehe,, :D kn sya emg nanya ttg CPNS xD

      Delete
    5. busseet cakep bnget, nilaimu ama orangnya sama sama cakep, andaikan punya pacar kaya kamu...pasti ta masukkin kantong kubawa kemana mana deh kamu

      Delete
    6. maaf kakak, tapi kayaknya semua tes pake diperiksa satpam deh, saya tes di BNPT diperiksa satpam, di LIPI juga, di BNN juga kakak, lam kenal ^_^

      Delete
    7. woooow, ternyata kamu yang tes di kemenkeu jg yah?, sama sayang, aq berdoa moga kita berdua lulus di kemenkeu, jadi aq bisa pdkt ma kamu, horeeeeee

      Delete
  23. saya ikut CPNS kota depok,,skor CAT 316 dgn rincian TWK 95 TIU 75 TKP 145.jenjang S1..hem lulus ga yah??hihihiii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2 an aja lulus... amin... :)

      Delete
  24. TKD Kemenkeu = 315 (Wawasan Kebangsaan = 75, TIU = 105, Kepribadian = 135)
    Area Jogja, Jurusan Teknik Informatika...
    Kira2 bisa lolos g ya?
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah sama aku juga test di jogja, jurusan teknik informatika juga.
      tapi sayang, skor cat nggak sampe 300 saya :(

      Delete
  25. gw jg ikut tes kemenkeu nilai gw 329 dgn rincian TWK=110 TIU=70 N TKP=149

    kra2 lulus gk y gan soal ny nilai TIU gw rendah bgt tu ..
    gw jadi ragu bsa lulus TKD n lanjut ke tahap selajut nya ...

    ReplyDelete
  26. kayaknya gak lulus klo penetapan pnselnas passing grade nya 310, soalnya aku cuma dapat 281 di bnpt, TIU= 45, TKP= 146, TWK= 90...

    ReplyDelete
  27. gan, sabar2 ya gan... ono baru diumumin ama kempan RB passing grade 2013 minimal 383.... berartiiiiiiiiiiiiiiiiiii...... (yah silahkan simpulkan sendirilah) XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. 383 itu bukan passing grade gan,,,itu nilai peserta tertinggi di kementerian kemenpan RB tahun 2013,,,passing gradenya blm diumumin,,,

      Delete
  28. iya gan ni link hasil cat kemenpan http://cpns2.menpan.go.id/ yang tertinggi 383....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg saya liat di twitter nya kemenpan ini kutipan tweetnya..
      "total skor nilai TKD (TWK, TIU, TKP) dan nilai passing grade di serahkan kebijakannya kemasing2 instansi..."
      ni link nya: https://twitter.com/kempanrb

      Delete
  29. Emg beritanya simpang siur ni,, hbs baca www.kabar24.com/nasional/read/20131021/66/203070/penerimaan-cpns-2013-pemerintah-patok-passing-grade-383 katanya passing grade 383,, mana ni brta yg bner ckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang aja non, klo bener passing gradenya harga mati 383 berarti kita ga sendirian "ga lulusnya", kita tersisih ramai", makin ramai makin asik euuuuuy !!!!

      Delete
    2. tp menurut saya lebih tepat ucapan di link yang ini mba, http://www.kabar24.com/nasional/read/20131018/66/202923/hasil-seleksi-penerimaan-cpns-2013-nilai-tkd-tinggi-belum-tentu-lulus , liat kata terakhirnya: "Kementerian PAN-RB memang berharap passing grade peserta 400, tapi ternyata tidak ada yang mencapai itu. Karena itu masing-masing instansi akan menentukan passing grade-nya sesuai hasil tes CPNS-nya," tandas Otok Kuswandaru , jadi menurut saya passing grade lebih fleksibel menyesuaikan hasil tes mba

      Delete
    3. Bernadette Junia ai lope yuuuu , add PIN BB gw cayang ! 75546bf2

      Delete
  30. nilai test saya di kkp TWK 85 TIU 85 TKP 164. untung dapet nlai tinggi di TKP, jd bisa nutup yang lain.. smoga lulus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti walaupun jiwa nasionalis sama intelegensiamu pas-pasan kamu beruntung punya otak cerdik untuk menipu di kepribadian coy

      Delete
  31. kalo 279 ada harapan ngga ya??

    ReplyDelete
  32. TKD kementrian perdagangan kapan keluar ya...udah telat 3 hari dari jadwal

    ReplyDelete
  33. Ada info hasil test TKD Prov DKI Jakarta???

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada. gan,,,, saya ngecekin setiap hari tapi smpe hari ini belum keluar.... :D

      Delete
  34. ane ikut test cpns tahun ini, tapi jujur hasil saya mengecewakan,,
    belajar pake software n buku,,tapi ga ada satupun yang materi di buku n software tersebut yang keluar,,

    klo boleh,,ane minta ref donk bagi agann2 disini yang nilainya bisa lebih dari 320 an,,

    ReplyDelete
  35. Ketentuan nilai ambang batas (passing grade) kelulusan TKD adalah per sub-materi berdasarkan PERMENPAN & RB No. 35 Tahun 2013. Nilai ambang batas adalah sebagai berikut:
    a. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah ≥ 70 (40% dari nilai maksimal TWK);
    b. Tes Intelegensia Umum (TIU) adalah ≥ 75 (50% dari nilai maksimal TIU);
    c. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah ≥ 105 (60% dari nilai maksimal TKP).

    semoga membantu ^^

    ReplyDelete
  36. Kalau passing grade nya 250...jadi banyak yang lulus TKD, unt perbandingan peserta yg ikut test TKB kira2 berapa ya...P C

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak juga gan.... biasanya diambilnya berapa kali formasi yang dibutuhkan...
      misalnya yang lolos PASSING GRADE TKD 100 orang,,, formasi hanya 20 orang... mungkin cuma diambil 40 or 50 org gan..... untuk perbandingan yang ikut TKB kurang tau gan.... sepertinya kebijakan masing-masing instansi...

      Delete
  37. gue jadi sedih dech..... :( gk ad harapan lagi nich...
    semua pada tinggi2 score nya... mungkinkah keajaiban berpihak pada ku? ;(
    heem.... padahal blm tentu yg score nya tinggi itu lebih ahli dlm hal pekerjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skor TKD memang tidak mencerminkan performansi seseorang dalam suatu pekerjaan tetapi skor tersebut diperoleh dari rumusan objektif yang telah ditetapkan kemenpan. Jadi selisih skor sangat berarti, mengacu pada objektif tersebut. Skor peserta mencerminkan kemampuan/potensial seorang peserta. Bayangkan jika anda dapat bekerja secara baik dengan skor yang tidak terlalu tinggi, akan lebih baik lagi potensial peserta yang mempunyai skor lebih tinggi dari anda dalam bekerja. Logikanya jika skor anda jelek maka anda tidak melakukan persiapan yang baik atau memang kemampuan anda kurang baik. Mari tingkatkan kemampuan pengetahuan agar lain kali mendapatkan skor yang lebih baik.

      Delete
  38. semangat gan... kan TKD tinggi juga belom pasti lolos.... liat dari passing grade ketiga bidang... semuanya harus di atas passing grade.. walopun tinggi kalo salah satu bidang gak memenuhi passing gradi jadinya gak lolos gan. Kemaren saya ikut pemprov DKI scorenya 340 mudah2 lolos ke test TKB aminnnnn...

    ReplyDelete
  39. nilai TKD 324 unk prov DKI JKT formasi PGSD, lulus gk y? mohon analisis dari agan2

    ReplyDelete
  40. nilai segitu udah trmasuk bgus jika dliat dr nilai kseluruhan pserta yg lain

    ReplyDelete
  41. Re : berdasarkan PERMENPAN & RB No. 35 Tahun 2013.
    Nilai ambang batas/passing grade: TWK ≥ 70. TIU ≥ 75. TKP ≥ 105.

    Selamat menghitung

    ReplyDelete
  42. Susah atau tidaknya TKD itu bukan berdasar instansi...
    KEBERUNTUNGAN juga jadi faktor dsaat pengacakan soal..

    Ada yg mungkin dpt soal yg dia kuasai,, ada juga yg ternyata tidak dia kuasai..
    jadi menurut saya sistem pengacakan soal ini kurang adil..
    knp? Krna setiap orang dapat soal beda,, dia dpt mudah.. gw susah..

    faktor keberuntungan juga sangat dominan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh gan, kebetulan TWK yang saya dapet soalnya susah-susah :D

      Delete
  43. kalo saya TIU nya susah banget dapetnya... skornya cuma 85... :( apa emang otak saya yang pas-pasn ya gan,,, hehehehe....

    ReplyDelete
  44. itu siapa ya yg mengaku2 sidik gunawan..
    setahu saya sidik gunawan gak seperti itu.. orangnya gak sombong dan gak suka pamer seperti itu..
    saya bilangin sama yg bersangkutan lho ya.. itu siapa..?

    ReplyDelete
  45. itu coment yg diatas siapa ya yg mengaku2 sidik gunawan..
    setahu saya sidik gunawan gak seperti itu.. orangnya gak sombong dan gak suka pamer seperti itu..
    saya bilangin sama yg bersangkutan lho ya.. itu siapa..?

    ReplyDelete
  46. ada yg tau apakah BIN pakai tes kemampuan bidang brooo?

    ReplyDelete
  47. kapan seh pengumuman Kemenbudpar gan ?

    ReplyDelete
  48. gw dpt skor CAT: 360 ( TWK: 134 , TIU: 70 , TKP:156 ), kalau liat peraturan passing grade dr Menpan apa benar saya tereliminasi gan?, apakah tidak ada kebijakan melihat nilai saya secara keseluruhan yang cukup tinggi...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sih tereliminasi gan liat score TIU agan dibawah passing grade.. (passing grade TIU TIU ≥ 75)... Tapi siapa tau ada keajaiban gan.. heheheheh...

      Delete
    2. sabar aja gan, coba taun depan lagi aja, perdalam TIU, coba bayangin klo nilai TIU anda kemarin mencapai 110, berarti anda sangat aman karena mencapai skor 400, tp gpp gan,jgn nyerah,soalny gw aja cm dpt skor 250, ngepas untk pass grade total,tp TWK ama TKP ane dibawah standar,padahal TIU ane 100,nasiiiib

      Delete
    3. maksud sy 110 tepatnya

      Delete
  49. thn 2012 passgrd: TKP 150,TIU 75,TWK 50..TOTAL 275...KALO THN SKRG 250...MUDAH2'AN TKP DITURUNKAN JDI 130 SEHINGGA SAYA BS LULUS..HEHE

    ReplyDelete
  50. mudah2an syarat taun ini TWK:50 , TIU:50 , TKP:100, biar kita lulus smua, Amiiiiin, kan pasti lebih banyak yang nilainya dibawah standar, jadi kalo kita berdoa bareng2 brarti doa kita lebih kuat, ayooooooo doa berjamaah kawan2 senasib !!!

    ReplyDelete
  51. kapan ya pengumuman tes tkd kemenkeu koq belum keluar sampe skg
    adakah infonya teman2

    ReplyDelete
  52. gak ada yang tau ya gan pengumuman hasil tkd cpns bpkp kapan toh?

    ReplyDelete
  53. Disini ada yg tek TKD format CAT kemenkeu gak ya.ane mo tny wkt kmrn hasil tes keluar urutannya apakah
    1.TWK
    2.TKP
    3.TIU
    atau ada urutan lainnya ya?soalnya ane sempet foto hasilnya tp gak kliatan mana yg TWK,TKP,TIU..mohon informasinya klo ada yg tao atau sempet fotoin hasil tesnya kemaren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini urutannya gan:
      1.TWK
      2.TIU
      3.TKP,
      tp lbih gmpangny gini gan, liat aja dr setiap peserta yg rata" nilainy pling rndah psti TIU, yg kedua pling rndah TWK, n klo nilai yg para pesertanya tinggi" semua (diatas 110) pasti TKP, winwinsolution, hehe

      Delete
  54. klo LJK berapa soalnya ya? terima kasih...waktunya jawab berapa menit ya untuk LJK? TKP CAT nilai temen2 tinggi,gampang ya soal TKP nya?...mohon informasinya....

    ReplyDelete
  55. lagi satu...klo TWK banyak soal pasal2 yg keluarnya ga? TIU apa yg dipelajari ya?

    ReplyDelete
  56. mau nanya gan kallau jumlah yang lolos tkd ternyata kurang dari jumlah formasi yang dibutuhkan apakah lolos cpns semua? tapi ada psikologi lanjutan

    ReplyDelete
  57. iya gan itu jg yg ingin di tanyakan bila yg lolos adminstrasi itu cuma 1 sedangkan alokasi ada 5 dan jurusannya itu langka. gmana donk proses penerimaannya. bila dilihat pasal 3 dari tkd tentang transfer tp masih dlm satu bidang dan peserta itu di bawah batas nilai CAT. so......ada yg punya tanggapan. itu ada di parekraf lho

    ReplyDelete
  58. ada yang tahu kapan pengumuman TKD Pemprov DKI? Duh lama banget yah.. penasaran lolos ato enggak... hehehehehe.... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe hari ini (08/11/13) ane cek masih belum ada gan. Sampe bosen kali tuh web ane buka mulu. hahaha. kadang jadi khawatir takut ada yg "main-main" sama hasil tesnnya. tapi mudah mudahan enggak lah ya #thinkpositive

      Delete
  59. all minta sarannya, passing gradeku pas2an nih
    Nilai TIU :70
    Nilai TWk : 75
    Nilai TKP :148
    menurut kalian ini lulus gak ya dikementrian,

    tapi hasil ini apakah digabung dengan tes psikologi yang dilaksanakan
    oleh istansi terkait,,,
    Please mohon sarannya donk

    ReplyDelete
  60. yang ikut BNPT, sampai tanggal ini memang belum ada pengumuman yah?

    ReplyDelete
  61. All..
    Minta pendapatnya donk, untuk TKB BPKP apakah materi ujiannya mengenai formasi yang kita ambil atau psikologi?
    Krn dari pngumuman dblg gini "Tes Kemampuan Bidang (TKB) Psikologi Lanjutan"
    Kalimatnya buat bingung...

    ReplyDelete
  62. Anonymous12 November, 2013 14:13
    Bukan mau ngecewain nih, tapi TIU kamu gak cukup, minimal 75. Dari syarat yg sudah ditentukan kamu gak lulus kali ini
    Tetap semangattt...

    ReplyDelete
  63. saya ikut tes CAT di BNN, Rehablitasi Lido jabar, tp tes nya di BKN Jakarta:
    TWK : 95
    TIU : 75
    TKP : 163
    Total : 333

    lulus gk ya? soalnya ada nilai TIU=nilai passing grade => 75

    ReplyDelete
  64. @Dzul Qurnain
    Mudah2an lulus mas, krn itu masih masuk nilai minimum. Tmen saya yang tes di kemenkeu punya nilai TIU=75 lulus juga koq, malah total nilainya lebih rendah lagi. ;)

    ReplyDelete
  65. pengumuman kelulusan TKD KKP kapan tgl pastinya ya gan???mhon infox.

    ReplyDelete
  66. Aq ikut di pemprov jatim.. Nilai CAT q 331 dg rincian TIU 85,TKP 151,TWK 95,kira2 lolos g ya..

    ReplyDelete
  67. ya mudah-mudahan lulus, nilai peserta di BNN mgkn sedang down tidak seberuntung tes di instansi lain, soalnya saya yg nilai segitu ternyata dpt peringkat 10 pada sesi 2. yang daftar di BNN silahkan sharing ya...

    ReplyDelete
  68. klo nilai TIU am TWK jepluk semua apakah ada sistem rangking jumlah di kemenkumham jatim,,,,,,,,,tlong yg ngerti share ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaknya ikut yg formasi apa???sya jg daftar kemenkumham jatim...klu boleh tau kemarin yg mendapat nilai tertinggi total nilainya berapa ya??

      Delete
  69. tolong kasih info dong all
    apakah passing grade CAT untuk kualifikasi sarajan dan SMA sama skornya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyaknya sama gan....

      Delete
  70. Lw menurut pemahaman ane dari berita2 tentang passing grade, kayaknya diperuntukkan buat semua bro. (pemahaman subjektif saya) :D . Yah kalau udah ikhtiar, ya tinggal berdoa aja bro.

    Saya juga ikut, yah walaupun hasilnya juga pas pas an, yah ttp dsyukuri bro. Mungkin pengalaman buat ane,, baru pertama kali tes soalnya :D baru mencukupi usia :D hhehe (18 tahun 9 bulan).
    Ane cuman dapet skor 337 di kemenkumham gan. TWK 85 TIU 95 TKP 157.
    Jujur sih sebenernya ane bisa dibilang iseng2 -_-. Mungkin faktor Lucky yang bisa ngelulusin ane gan..

    Semangat yah Buat semua kakak, agan2, smua..
    Semoga yang terbaik buat kita, dan semoga reformasi birokrasi berjalan dengan baik tanpa ada unsur KKN :p.
    Salam kenal. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren ikut kemenkumham mana gan???ane jg ikut kemenkumham...klu boleh tau yg dapat peringkat 1 skor nilainya berapa gan???

      Delete
  71. Oh iya satu perntanyaan yang masih belum terjawab bagi ane ni gan..

    Kalau dalam suatu formasi , yang lulus tkd melebihi kuota formasi tersebut.
    nah penentuan kelulusan kan berdasarkan rangking nilai tertinggi.
    Misal Kuota: 100 orang.
    yang lulus :120 orang.

    Maksud rangking tertinggi itu berdasarkan apa yah? ada yang tau ga?
    apakah berdasarkan nilai akumulasi atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya..
      Rangking atau peringkat tertinggi berdasarkan nilai akumulasi.

      Apabila dalam batas jumlah formasi terdapat peserta yang memiliki jumlah nilai yang sama maka penentuan kelulusan didasarkan pada nilai yang lebih tinggi pada nilai tes karakteristik pribadi, tes intelegensia umum dan tes wawasan kebangsaan secara berurutan.

      Delete
  72. kok pengumuman cpns kemenkumham diundur menjadi tgl 21 Desember ya???? mundur sich gak apa2 tp yang penting jgn ada KKN...kasian yg pandai tp tidak ada duit.....

    ReplyDelete
  73. Anonymous26 November, 2013 19:10 :

    Kemenkumham wilayah sumut gan. Tingkat SLTA.
    Kalau untuk S1 nya yang tertinggi nilainya 373
    kalau SLTA sederajat nilai yang tertinggi kalau ga salah 366

    Agan kemarin berapa dpt hasilnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dapat nilai 363 gan, mudah2an kita ketrima ya gan...AMIN YA ROBBAL ALAMIN......
      Kira2 nilainya itu apakah nanti diakumulasikan dngn nilai kesamaptaan atau cuma nilai TKD aja ya gan sebagai bahan pertimbangannya???

      Delete
    2. Ya berdoa ajah gan.
      Mudah2an lulus.
      Kalau masalah itu saya juga kurang tahu gan.
      tetep optimis aja gan. hha
      Kemarin semapta dapet nilai total brp gan?

      Delete
    3. saya tidak tau nilai samapta saya gan...masalahnya nilainya tidak dipampang gan...yg dipampang cuma nama2 yg lolos samapta doank gan...
      lha di kemenkumhamnya agan apa nilai samaptanya dipampang gan???agan dpat nilai berapa???

      Delete
  74. Saya ikut 3 tempat,bnn nilai tkp 142,twk 75,tiu 50,dengar-dengar banyak yang tidak memenuhi passing gradss di bnn karena pesertanya terbatas hanya 3897 seluruh indonesia formasinya banyak 500 orang, jadi kemungkinan akan diturunkan, hasil dipemprov jatim,tkp 146, twk 85,tiu 80, di pemprov kalsel belum soalnya pakai kjk,mudahn kita lulus semua,aminnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan...denger2 klu daftar di beberapa instansi n ketrima semua katanya malah dicoret ya gan???bener apa gak kbar itu gan???

      Delete
    2. @ mas Agus kartono, sy jg ikut tes CPNS BNN, formasi agama Islam, nilai sy 333. BTW kl ada info mengenain BNN tlng saling share ya, HP sy 0858-7872-8293 trmksh.

      Delete
  75. Semangat terus mas.
    Semoga yang terbaiklah yang kita peroleh

    ReplyDelete
  76. Apakah berlaku untuk jalur cpns atlet berprestasi? Jika jumlah yg lolos tkd kurang dr jumlah formasi yg disediakan , maka sisa formasi dibekan ke cpns lain yg bukan atlet atau pelayih berprestasi? Lalu mana yg disebut penghargaannya kalo begitu....?

    ReplyDelete
  77. nanya jg ni agan2 semua nilai gw 312 dgn twkb : 90 tiu: 70 tkp : 152 nah truz yang di binggungin formasi ane itu yang daftar cuman 5 orang dan di formasi itu nilai ane yang paling tinggi masing materi twkb ,tiud,dan tkp apakah ane lulus ngk ya gan??plis sharee dong ane liat referensi semuanya belum ada yg ngalamin kayak gini..trims bgt

    ReplyDelete
  78. TKP nya mas bro kurang min kurang 5....jadi hangus semua dong

    ReplyDelete
  79. yang LULUS yang memenuhi passing grade bro,, bukan akumulasi

    ReplyDelete
  80. nilai TKD kejaksaan tinggi skor 388 bukan jaminan lulus TKB buktinya kalah sama yg skornya cuman 297 dia lulus PNS kejaksaan sekarang setelah menjadi Honorer sebelumnya...salut lah

    ReplyDelete
  81. nanya dong...saya ikut tes cpns dosen dengan jumlah formasi 2, tkd peserta yang memenuhi passing grade 2 orang salah satunya saya.kemudian dilanjut TKB.apakah dengan demikian dipastikan lulus walaupun TKB saya jelek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya alloh mas....

      Delete
  82. Saya adalah peserta CPNS KPU Provinsi Papua 2013. Sejak awal saya melakukan registrasi CPNS KPU Provinsi Papua sesuai dengan ijasah saya yaitu S1 T. Informatika / Komputer. Sampai saya mendapatkan nomor peserta yang ternyata di masukkan ke jurusan S1 Ekonomi Akuntansi. Sudah saya komplain dengan panitia waktu pengambilan kartu tanda peserta tapi seorang panitia hanya mengatakan "nanti waktu ujian TKD, tulislah jurusan mu dengan benar, karena yang membuat tanda peserta itu adalah KPU pusat". Ujian TKD pun berlangsung, tak lupa lagi saya menanyakan status jurusan saya yang keliru tapi oleh ketua panitia, tanda peserta saya di tandatangai dan mencoret kualifikasi jurusan saya yang tadinya jurusan Ekonomi Akuntasi diganti menjadi T. Informatika / Komputer sepengtahuan semua panitia, dan saya pun akhirnya mengikuti ujian. Hasil tes TKD diumumkan dan nama saya lulus tapi lagi-lagi nama saya tercantum di jurusan Ekonomi akuntasi. Dan panitia KPU Provinsi Papua menyakinkan saya dan orang-orang pendamping pelaksanaan ujian TKB kalau saya benar berjurusan T. Informatika / Komputer yang keliru di masukkan di jurusan Ekonomi Akuntansi. Sampai ketika pengumuman peserta lulus hasil akhir CPNS nama saya tidak ada. Perlu diketahui formasi yang dibutuhkan untuk T. Informatika / Komputer KPU Provinsi Papua adalah 5 orang sedangkan yang lulus TKD berjumlah 2 orang (1 orang mengundurkan diri) jika ditambah dengan saya artinya ada 3 orang tapi saya tetap berada di jurusan Ekonomi Akuntansi. Dijurusan Ekonomi Akuntansi yang melanjutkan ujian TKB ada 4 orang asli lulusan Ekonomi akuntasi ditambah saya yang salah masuk kamar itu jadi total 5 orang sedangkan kebutuhan formasi Ekonomi Akuntasi adalah 3 orang, otomatis harus ada 2 orang yang gagal, dan saya termasuk yang gagal karena nilai saya paling kecil dibanding peserta Ekonomi Akuntansi yang lain. Menurut sepengetahuan saya yang saya dapatkan dari berbagai sumber diinternet, ketentuan kelulusan hasil akhir adalah integrasi hasil ujian TKD + TKB dan diambil peserta yang memiliki nilai peringkat tertinggi sesuai kebutuhan formasi. Sedangkan apabila peserta lulus TKD dan TKB kurang dari atau sama dengan formasi yang dibutuhkan, dipastikan peserta itu lulus tahap akhir. Jelas kalau saya berada di jurusan Ekonomi Akuntansi, saya gagal tapi apabila saya yang sejak awal berada di jurusan T.Informatika / Komputer dengan jumlah peserta kurang dari formasi yang dibutuhkan, saya yakin kalau saya memenuhi kriteria akhir kelulusan CPNS. Bagaimana menurut agan-agan semua... saya terus terang tidak terima, saya datang kekantor KPU Provinsi Papua utk menayakan kejelasan status saya yang gagal apakah karena alasan tidak kompetennya saya atau apakah karena kelalaian panitia? tapi sayang kantornya belum aktif. Baru ada orang mgkin hari senin 06 januari 2014.. akhirnya sy telp kantor KPU Pusat Jakarta, langsung dgn panitia cpns, saya jelaskan kronologi masalah saya, tp sepertinya dia kurang paham karena lewat telepon, akhirnya saya di minta utk sms nama saya. dia bilang kalau nilai saya memang rendah (iya jika di bandingkan dengan nilai peserta di jurusan ekonomi yang salah kamar itu tp apabila saya berada benar sejak awal dijurusan saya, saya yakin kemungkinan utk lulus besar juga karena peserta kurang dari formasi yang dibutuhkan). Si Panitia hanya menjawab "nanti saya kabari lagi mbak, saya ngomong ke atasan dulu"...............

    ReplyDelete
  83. sudah tgl 21 januari kemdikbud belum pengumuman juga

    ReplyDelete
  84. mau tanya dunk, nilai saya TWK=100,TIU=110,TKP=156,TOTAL=366
    jurusan saya TI yang dibutuhkan 10 orang tapi 1 jabatan hanya untuk 1 orang, misalnya
    jabatan A=1 ORANG TI
    jabatan b=1 ORANG TI
    jabatan C=1 ORANG TI,,, dst...
    nah itu kelulusannya gimana? apa langsung diranking sepuluh orang dari semua jabatan atau tiap jabatan diranking lagi?

    tapi yang dibutuhkan 10 orang sarjana

    ReplyDelete